Tak Lagi Jadi CEO, Jeff Bezos Masih Berpengaruh di Amazon

Kompas.com - 06/07/2021, 06:07 WIB
Foto Jeff Bezos saat memantau uji coba roket New Shepard. BLUE ORIGIN/ZUMA PRESS via DW INDONESIAFoto Jeff Bezos saat memantau uji coba roket New Shepard.
Penulis Mutia Fauzia
|


NEW YORK, KOMPAS.com - Pendiri Amazon, Jeff Bezos pada hari Senin (5/7/2021) telah menyerahkan jabatannya sebagai CEO kepada Andy Jassy.

Dengan demikian, Jeff Bezos resmi mundur dari CEO Amazon, perusahaan yang ia dirikan lebih dari dua dekade yang lalu.

Dilansir dari CNN, Selasa (6/7/2021), setelah tak lagi menjabat sebagai CEO, Bezos menduduki posisi Executive Chairman di perusahaan teknologi raksasa tersebut.

Bezos mengatakan, ia mundur dari CEO Amazon lantaran ingin fokus ke perusahaannya yang lain, termasuk Washington Post, perusahaan roket luar angkasa Blue Origin, serta melakukan kegiatan filantropi.

Baca juga: Ratusan Ribu Orang Tanda Tangani Petisi Tolak Jeff Bezos Pulang ke Bumi

Meski jabatan yang ia duduki saat ini tak lagi kerap tersorot masyarakat, namun Bezos masih memiliki pengaruh yang kuat di Amazon.

Sebab, Bezos masih merupakan pemegang saham individeo Amazon terbesar. Selain itu, ia juga mentor dari CEO yang saat ini menjabat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dia masih akan terlibat, meski tak lagi fokus dalam kegiatan harian, namun ia bisa lebih fokus pada insiatif perusahaan yang lebih luas serta produk dan jasa baru," jelas Global Technology Analyst di perusahaan riset Nuclleus Research Daniel Elman.

"Kemampuannya dalam memangkas hal-hal yang tak perlu dalam sebuah kesempatan tak bisa diragukan, sehingga menjadi masuk akal bagi Amazon untuk melepaskannya dari kegiatan-kegiatan operasional untuk memaksimalkan area tersebut," ujar dia.

Jeff Bezos resmi mundur dari CEO Amazon menjadi masa-masa kritis bagi perusahaan tersebut.

Baca juga: Tiket ke Luar Angkasa Bersama Jeff Bezos Laku Rp 397,6 Miliar

Sebab, pandemi telah menyebabkan lonjakan permintaan pada layanan perusahaan e-commerce tersebut. Hal itu membuat pendapatan perusahaan melonjak. Di sisi lain, perusahaan juga perlu meningkatkan jumlah pekerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.