PPKM Darurat, Sandiaga Uno Tetap Persiapkan Pembukaan Pariwisata

Kompas.com - 06/07/2021, 11:35 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan persiapan pemulihan pariwisata Bali, Batam, dan Bintan terus dilakukan di tengah pemberlakuan PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021.

“Tentunya dampak PPKM Darurat masif terhadap sektor parekraf, tapi tidak menghentikan pelaksanaan persiapan program pemulihan pariwisara dan ekonomi kreatif khususnya di Bali, Batam dan Bintan,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (5/7/2021).

Sandiaga mengatakan, program pemulihan dan pembukaan kembali pariwisata mencanegara ini terus dilakukan dengan pendekatan yang mengacu kepada PPKM darurat.

Baca juga: Ada PPKM Darurat, Pemerintah Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2021 Hanya 3,7 Persen

Meskipun memiliki keterbatasan ruang gerak, namun Sandiaga optimis program pemulihan pariwisata bisa dikordinasikan secara daring.

“Program (persiapan) pembukaan Bali sekarang ini bisa dilakukan dengan remote working. PPKM dipatuhi sampai dengan 20 Juli 2021 dan kami mengerem semua mobilitas, kita WFH 100 persen dan untuk kegiatan Work From Bali, dan Wisata Vaksin sementara ditunda dulu, tapi persiapannya tetap berjalan,” sebut Sandiaga.

Di sisi lain, Sandiaga terus mendorong percepatan bantuan-bantuan stimulus, seperti dana hibah pariwisata, dan bantuan sosial. Hal ini dirasa penting, lantaran pelaku pariwisata di Bali sangat bergantung pada hasil ekonomi kreatif setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya dan pak Gubernur Bali dalam diskusi, dengan berat hati menyampaikan untuk sama-sama menerima keputusan PPKM Darurat ini. Tapi saya mohon, agar dipercepat realisasi bantuan dana hibah pariwisata, bantuan sosial, dan insentif kepada pelaku pariwisata dan masyarakat ekonomi kreatif di bali,” ucap dia.

Baca juga: PPKM Darurat, Sandiaga: Semua Pusat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jawa-Bali Tutup

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.