Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulteng, Sulsel Tingkatkan Ekspor Lewat Madeinindonesia.com

Kompas.com - 06/07/2021, 15:09 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemprov Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan menjajaki kerja sama dengan platform marketplace B2B lintas batas Madeinindonesia.com guna menggenjot ekspor.

Sebagai langkah awal, Tim Madeinindonesia.com menawarkan beberapa fasilitas untuk membantu pelaku usaha di kedua provinsi tersebut dalam mengembangkan bisnis dan membuka pasar mancanegara.

“Kami [madeinindonesia.com] memberikan dukungan dalam upaya demokratisasi ekspor dan pembelian internasional [international sourcing]. Kami bekerjasama dengan berbagai daerah [di Indonesia] untuk pengembangan ekspor,” kata Ilyas Bhat, pendiri dan CEO Madeinindonesia.com dalam penjelasan resminya, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Kiat Menembus Pasar Ekspor di Masa Pandemi

Menurut Ilyas, MadeinIndonesia.com dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga sepakat bekerjasama untuk mendatangkan peluang investasi di provinsi tersebut.

Terkait dengan industri perikanan di Sulawesi Tengah, baru-baru ini Gubernur Rusdi mentargetkan produksi undang di provinsi tersebut mencapai 200.000 ton.

“Dengan potensi yang kita miliki, kita targetkan produksi udang mencapai 200.000 ton. Saya yakin kita bisa mencapai target itu,” kata Rusdi.

Khusus untuk membantu UKM dan usaha kecil lainnya, Madeinindonesia.com akan membantu pemasaran produk UMKM tersebut melalui Indo-World Plaza, sebuah mal global yang dirancang untuk menghubungkan pelaku usaha kecil dengan pembeli mancanegara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com