KILAS

Kisah Sukses "Susu Mbok Darmi", dari Kantin Kampus Jadi 36 Outlet dan Punya 130 Karyawan

Kompas.com - 06/07/2021, 20:08 WIB
Penjualan Susu Mbok Darmi meroket hingga 36 persen saat saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari ShopeePay. DOK. ShopeePayPenjualan Susu Mbok Darmi meroket hingga 36 persen saat saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari ShopeePay.

KOMPAS.com – Berawal dari keinginan untuk menambah uang jajan saat kuliah, Dhony Pratama (27) kemudian berjualan susu di kantin kampusnya.

Pilihan usaha itu diambil Dhony karena tidak ingin mengikuti arus. Pasalnya, industri minuman kekinian yang booming di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir umumnya menawarkan jenis minuman berbahan dasar kopi atau teh.

Berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, dia melihat peluang bisnis susu dari ilmu peternakan yang dipelajari.

Pada awal memulai bisnis ini, Dhony ingin produk yang ditawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat.

“Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Gandeng SnackVideo, ShopeePay Permudah Gen Z Tuai Pendapatan dari Hobi

Ketika banyak merek memilih nama kebarat-baratan, Dhony memilih jalan berbeda. Ia memilih nama “Mbok Darmi” sebagai merek. Nama tersebut dipilih karena terdengar sederhana dan bernuansa Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak berhenti di nama, Susu Mbok Darmi juga tampil dengan slogan yang nyeleneh. Kombinasi dua hal tersebut berkontribusi pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi pada awal kemunculannya.

Langkah Dhony pun tergolong berhasil. Kini, susu Mbok Darmi berkembang pesat dari hanya satu outlet di kampus IPB menjadi 36 outlet dan telah mempekerjakan 130 karyawan.

Digitalisasi bisnis mengikuti perkembangan zaman

Lebih lanjut, Dhony Pratama yang juga sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Founder Susu Mbok Darmi ini bercerita kesuksesan usahanya tidak hanya karena pemilihan produk dan branding. Namun juga karena digitalisasi bisnis.

Baca juga: ShopeePay Hadirkan Promo Belanja di Minimarket lewat Kampanye 7.7 Juli Cashback Meriah

Di tengah kesibukannya mempersiapkan partisipasi Susu Mbok Darmi dalam kampanye ShopeePay 7.7 Juli Cashback Meriah, Dhony menceritakan, pada awal kemunculan Susu Mbok Darmi, layanan pembayaran digital belum sepopuler sekarang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X