Bukalapak Hapus Konten Penjualan Produk Tabung Oksigen dengan Harga Tak Wajar

Kompas.com - 07/07/2021, 14:03 WIB
Ilustrasi Bukalapak. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiIlustrasi Bukalapak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi selama beberapa pekan terakhir dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk menjual produk-produk kesehatan berkaitan virus corona seperti tabung oksigen dengan harga tinggi.

Platform marketplace Bukalapak mengaku siap untuk menindak tegas para oknum yang menaruh harga tidak wajar terhadap produk-produk kesehatan, guna meraup keuntungan besar di tengah tingginya kebutuhan masyarakat.

AVP Marketplace Quality Bukalapak Baskara Aditama mengatakan, tabung oksigen dan oximeter termasuk dalam barang-barang yang meningkat transaksinya sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan minggu lalu.

Baca juga: Ini Komentar Analis soal IPO Bukalapak

Untuk mengantisipasi penetapan harga tidak wajar, Bukalapak secara rutin memantau harga pasaran untuk barang-barang, agar bisa menjaga harga yang ditetapkan oleh para penjual di platform marketplace itu selalu dalam batas wajar.

"Pada dasarnya kami memperbolehkan seluruh penjual menetapkan harga dan strategi penjualan masing-masing. Namun, mereka harus selalu mematuhi aturan yang berlaku baik di Bukalapak maupun secara hukum," tutur Baskara dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7/2021).

Baskara menyatakan, seluruh penjual yang menetapkan harga di luar batas demi meraup keuntungan dan menghalangi akses masyarakat pada penggunaan alat-alat kesehatan, termasuk tabung gas, akan ditindak tegas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Caranya dengan menurunkan produk tersebut dari marketplace dan memberikan label pelanggaran kepada penjual.

"Menjual barang dengan harga yang tidak sesuai juga termasuk di dalam pelanggaran yang kami tetapkan, sehingga tentunya akan kami tindak," ujar dia.

Baca juga: Ini Cara Blibli Hentikan Permainan Harga Obat Terapi Covid-19

Baskara meminta kepada pengguna Bukalapak yang menemukan penjualan barang-barang lain terkait penanganan Covid-19 dengan harga tidak normal untuk melaporkannya via BukaBantuan.

"Bukalapak berkomitmen untuk menjaga ketersediaan dan harga produk-produk ini di platform Marketplacenya demi membantu mengatasi pandemi Covid-19," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.