BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

Perkokoh Bisnis Internasional, Gojek Gandeng AirAsia Digital di Thailand serta Tingkatkan Investasi di Singapura dan Vietnam

Kompas.com - 07/07/2021, 14:26 WIB
Layanan Gojek di Thailand. Dok. GojekLayanan Gojek di Thailand.
Penulis Agung Dwi E
|

KOMPAS.comGojek memperkokoh lini bisnisnya di pasar Asia Tenggara. Perusahaan on-demand ini menggandeng AirAsia Digital di Thailand serta meningkatkan investasi di Vietnam dan Singapura.

Adapun pasar Vietnam dan Singapura akan dijadikan Gojek sebagai sentra pertumbuhan bisnis internasional. Khusus di Singapura, Gojek bakal menambah jumlah mitra pengemudi dan merchant, meningkatkan pengalaman pengguna, serta meluncurkan produk dan layanan baru.

Terbaru, Gojek juga meluncurkan produk GoTaxi atau layanan pesan taksi melalui aplikasi di pasar Negeri Singa tersebut.

Sementara di Vietnam, Gojek akan segera meluncurkan layanan transportasi roda empat. Layanan ini melengkapi layanan roda dua, logistik, dan pesan antar makanan yang sudah tersedia.

Baca juga: AirAsia Akusisi Bisnis Gojek di Thailand

Kemudian, demi memperkuat pasar Thailand, Gojek telah bekerja sama dengan AirAsia Digital Super App, platform digital milik maskapai AirAsia. Nantinya, superapp dengan valuasi 1 miliar dollar AS itu akan mengambil alih operasional Gojek Thailand.

Pada kesepakatan kerja sama tersebut, Gojek akan mendapatkan saham AirAsia Digital. Ini berarti, Gojek tetap menjadi pemangku kepentingan dalam keberhasilan bisnis di Thailand melalui kepemilikan saham di AirAsia Digital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"AirAsia Digital akan menjadi mitra yang sangat berharga bagi kami. Pasalnya, kedua perusahaan mempunyai tujuan yang sama, yakni memberikan layanan terbaik kepada pelanggan sembari meningkatkan kesejahteraan mitra driver dan merchant," ujar CEO Gojek Kevin Aluwi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Di saat yang sama, tambah Kevin, kesepakatan itu memungkinkan pihaknya memperkuat fokus dan investasi Gojek di pasar internasional, yaitu Vietnam dan Singapura—pasar yang memberi pengembalian investasi (return on investment) secara optimal dengan peluang pertumbuhan strategis terbaik.

Kevin menyebut, kerja sama dengan AirAsia merupakan pencapaian tim Gojek di Thailand. Tim ini berhasil mengembangkan bisnis dari nol menjadi penyedia layanan on-demand yang berhasil membuat perbedaan bagi ratusan ribu orang di Thailand.

Bisnis tersebut, lanjut Kevin, berhasil dibangun berkat talenta dan semangat yang luar biasa. Ia pun memastikan bahwa seluruh karyawan Gojek di Thailand akan terus bekerja sama dengan AirAsia di masa transisi.

“Kami bangga dan sangat berterima kasih atas semua pencapaian Gojek Thailand, serta kepada seluruh pelanggan, mitra driver, dan mitra merchant yang selalu setia. Merekalah yang selalu menjadi fokus dari apa yang kami lakukan,” imbuhnya.

CEO Grup AirAsia Tony Fernandes juga antusias dengan kesepakatan kerja sama dengan Gojek. Ia mengatakan, kerja sama ini akan menjadi awal kemitraan strategis jangka panjang.

“Pengumuman ini merupakan awal dari kemitraan strategis jangka panjang yang luar biasa dengan Gojek dan akan menggebrak industri (layanan on-demand),” kata Tony.

Lebih lanjut Tony menuturkan, AirAsia telah memiliki ekosistem ekonomi digital yang mumpuni. Pihaknya juga telah meluncurkan lebih dari 15 lini bisnis di luar maskapai penerbangan dan beragam layanan gaya hidup di platform e-commerce digital di pasar Malaysia.

“Sekarang adalah momen yang tepat bagi kami untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Menanggapi tingginya permintaan di Asia Tenggara, kami akan segera menghadirkan penawaran superapp kami di seluruh pasar utama kami lainnya, menyusul peluncuran yang sukses di Thailand,” tambah Tony.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.