Transaksi COD, Masih Relevankah di Masa Perdagangan Digital?

Kompas.com - 08/07/2021, 07:40 WIB
Ilustrasi cash on delivery (COD) medium.comIlustrasi cash on delivery (COD)

Oleh: Edy Chandra, SSn, MIKom

PROSES pembayaran sebuah transaksi perdagangan di seluruh dunia telah mengalami perkembangan yang cukup panjang.

Dimulai dengan proses pembayaran dengan sistem barter untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan hingga pada akhirnya terjadi kesulitan untuk mendapatkan nilai yang setara pada pada proses barter. Pada akhirnya disepakati sebuah proses transaksi perdagangan akan menggunakan sebuah alat ukar yang saat ini dikenal dengan uang.

Uang sebagai alat tukar transaksi perdagangan terbagi atas 2(dua) kategori, yaitu uang tunai dan non-tunai.

Saat ini dalam perkembangan menuju era digital pengunaan uang non tunai dalam proses transaksi perdagangan sudah menjadi prioritas dalam perkembangan transaksi perdagangan online (e-commerce) yang saat ini juga dalam proses peningkatan yang progresif di antaranya dengan bermunculan situs pasar daring yang lebih dikenal dengan marketplace.

Dalam perkembangannya marketplace memberikan kemudahan proses transaksi pembelian barang hingga proses pembayaran menggunakan tunai atau non-tunai kepada konsumen sebelum barang pesanan dikirimkan.

Baca juga: Tips Aman Belanja Online dengan Sistem COD

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa itu COD?

Proses pembayaran tunai pada e-commerce dikenal dengan COD (cash on delivery/ pembayaran di tempat).

Proses COD di Indonesia pertama kali muncul pada tahun 1996, muncul Dyviacom Intrabumi atau D-Net yang dianggap sebagai perintis e-commerce di indonesia.

Kehadiran media transaksi ini tentu saja menjadi kabar yang baik tidak hanya pemilik bisnis melainkan konsumen. Dengan menggunakan internet, proses transaksi akan jauh lebih mudah.

Karena keterbatasan, pada mulanya, penggunaan internet hanya sebatas menampilkan produk. Untuk transaksi pembayaran, tetap saja antara penjual dan konsumen harus bertemu. Istilah tersebut kemudian hari dinamakan cash on delivery (COD).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X