Kompas.com - 09/07/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi Magang Bakti BCA DOK. BCAIlustrasi Magang Bakti BCA

JAKARTA, KOMPAS.com - Kata magang nampaknya sudah tak asing lagi di telinga para mahasiswa. Sebab, kegiatan tersebut merupakan salah satu persyaratan agar para mahasiswa bisa mendapatkan gelar sarjananya.

Lantas, apa itu magang?

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, magang adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Baca juga: PHK: Pengertian, Alasan dan Besaran Uang Pesangonnya

Sementara pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Proses pemagangan dapat dilaksanakan di perusahaan sendiri atau di tempat penyelenggaraan pelatihan kerja atau perusahaan lain, baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya, pemagangan dilaksanakan atas dasar perjanjian antara peserta dan pengusaha yang dibuat secara tertulis. Perjanjian tersebut memuat ketentuan hak dan kewajiban perserta dan pengusaha, serta jangka waktu pemagangan.

Pemagangan yang diselenggarakan tidak melalui perjanjian dianggap tidak sah dan status peserta berubah menjadi pekerja/buruh perusahaan yang bersangkutan.

Isi Perjanjian Magang
Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri, isi perjanjian pemagangan adalah sebagai berikut:

Baca juga: Mengenal Apa itu PKWT dan Batasan Waktu Kontraknya

  • Hak dan kewajiban peserta pemagangan
  • Hak dan kewajiban penyelenggara pemagangan
  • Program pemagangan
  • Jangka waktu pemagangan
  • Besaran uang saku.

Adapun jangka waktu pemagangan paling lama adalah 1 tahun. Sementara besaran uang saku yang diperoleh peserta meliputi biaya transportasi, uang makan, dan insentif.

Persyaratan Peserta Pemagangan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.