Kalbe Farma Uji Klinik Vaksin GX-19N yang Disebut Bisa Lindungi dari Varian Baru Covid-19

Kompas.com - 09/07/2021, 18:35 WIB
Ilustrasi vaksin SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin

JAKARTA, KOMPAS.com - Vaksin GX-19N yang merupakan hasil kerja sama antara PT Kalbe Farma Tbk dengan perusahaan Korea Selatan Genexine Inc diklaim mampu memberikan perlindungan dari varian baru Covid-19 dan dapat diberikan pada manusia dengan daya tahan atau imun tubuh yang lemah.

Ketua Tim Peneliti Uji Klinik Vaksin GX-19N Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, Sp.PD-KAI, mengatakan, GX-19N berbeda dibandingkan dengan vaksin Covid-19 lainnya karena berbasis DNA yang mengkode lebih banyak protein virus sehingga mampu menghasilkan antibodi yang lebih tinggi dan juga bertahan lama dalam tubuh.

“Vaksin GX-19N memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap bagian dari virus yang jarang bermutasi, diharapkan dapat memberikan perlindungan terhadap varian-varian baru Covid-19,” ucap Iris dalam konferensi pers virtual, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Kalbe Farma Catat Jumlah Sampel Tes Naik 4 Kali Lipat

Ia mengaku, pihaknya telah mempelajari DNA vaksin GX-19N dari Genexine. Dia bilang, vaksin tersebut memiliki potensi yang sangat baik untuk memberikan proteksi terhadap berbagai varian virus Covid-19 dan juga kemungkinan jangka waktu proteksi yang lebih lama. Di samping itu, keamanan untuk vaksin GX-19N dinilai sangat baik karena tidak menggunakan viral vector dan adjuvant.

“Vaksin GX-19N tidak mengandung adjuvant atau zat tambahan dalam vaksin, sehingga berpotensi untuk dapat diberikan kepada masyarakat yang memiliki sistem imun yang lemah. Data keamanan tahap 1 dan tahap 2a, vaksin GX-19N menunjukkan hasil yang aman dengan gambaran efek samping yang sifatnya ringan dan sementara,” ujar dia.

Sebelumnya, uji klinik vaksin Covid-19 GX-19N tahap 1 dan tahap 2a telah dilakukan di Korea Selatan. Saat ini uji klinik tahap 2b dan 3, rencananya akan dilakukan secara multinasional termasuk Indonesia, Turki, India, UAE, Meksiko, Peru, Kolombia, Malawi, Afrika Selatan, Cekoslowakia, dan Polandia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Indonesia, uji klinik vaksin GX-19N akan merekrut 1.000 subyek dengan lokasi pusat penelitian berada di FKUI, RSCM sebagai rumah sakit rujukan dan beberapa satelit yang tersebar di Jakarta, Depok, Bekasi, Yogyakarta, Solo, dan Klaten.

Baca juga: Kalbe Farma Dapat Izin BPOM Lakukan Uji Klinis Vaksin GX-19N

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.