BTN Tambah Fitur Mobile Banking, Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu hingga Bayar Pakai QR

Kompas.com - 09/07/2021, 20:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menambah sejumlah fitur mobile banking, dalam rangka mendukung pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Jawa - Bali.

Direktur IT, Operation, and Digital Banking BTN Andi Nirwoto mengatakan, berbagai fitur ditambahkan dalam aplikasi mobile banking untuk memfasilitasi transaksi keuangan nasabah selama operasional bank dibatasi pada periode PPKM Darurat.

“Misalnya untuk transfer, pembayaran BPJS Kesehatan, bayar PBB, listrik, PDAM dan top up dompet digital serta virtual account untuk transaksi di e-commerce,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Beda Cara Menggunakan SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking

Selain itu, BTN juga menambah fitur penarikan uang tunai tanpa kartu di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) atau Cardless Withdrawal, serta penyertaan QRIS, sehingga nasabah dapat bertransaksi dengan memindai QR Code melalui aplikasi mobile banking.

Dengan penambahan fitur baik internet banking, maupun mobile banking tersebut, Andi mengharapkan nasabah dapat menikmati layanan BTN dengan nyaman dan aman.

“BTN juga gencar menjalin kerjasama penempatan pembayaran EDC dengan merchant nasional seperti Indomaret dan Alfamart serta merchant yang terkait dengan core business Bank BTN dalam ekosistem properti seperti Mitra 10, Ace Hardware dan Informa,” tuturnya.

Lebih lanjut Andi menyebutkan, transaksi lewat e-channel BTN seperti mobile banking makin diminati nasabah.

Hal tersebut terefleksikan dengan total transaksi perbankan tahun lalu yang mencapai lebih dari 200 juta transaksi, dimana 96 persen diantaranya dilakukan melalui e-channel, salah satunya mobile banking.

Selain itu, BTN mencatatkan adanya penambahan pengguna baru semenjak aplikasi mobile banking diperbaharui.

Tercatat per Mei 2021 pengguna baru mobile banking BTN mencapai 1,63 juta pengguna atau naik 26 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1,29 juta pengguna.

Baca juga: BNI Luncurkan New BNI Mobile Banking, Apa Kelebihannya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.