Konsisten dengan Bisnis Berkelanjutan, Danone-AQUA Kembali Dapat Sertifikasi B Corp

Kompas.com - 10/07/2021, 06:19 WIB
Penggunaan galon guna ulang dapat menekan jumlah sampah plastik. (Dok. Aqua) Penggunaan galon guna ulang dapat menekan jumlah sampah plastik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan produk air minum Danone AQUA, kembali memperoleh sertifikasi B Corporation (B Corp) untuk kedua kalinya dari organisasi nirlaba B Lab.

Sertifikasi B Corp diberikan hanya kepada perusahaan-perusahaan dengan standar tertinggi di bidang sosial dan lingkungan yang menerapkan transparansi serta memiliki tanggung jawab dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial.

Selain itu, Danone AQUA juga mencatat kenaikan skor secara signifikan menjadi 93.8, dari skor pada sertifikasi sebelumnya senilai 85.9.

Baca juga: Menperin Pastikan Pabrik Daur Ulang Botol Plastik Veolia-Danone Penuhi Standar Food Grade

Kenaikan ini menunjukkan konsistensi komitmen Danone AQUA dalam menjalankan praktik bisnis berkelanjutan untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

"Secara global, Danone memiliki ambisi untuk seluruh perusahaannya tersertifikasi B Corp pada tahun 2025. Saat ini, sudah lebih dari 50 persen bisnis Danone yang telah tersertifikasi B Corp. Kami berupaya untuk menjadi yang terbaik untuk dunia dan memberikan dampak positif di seluruh rantai operasional kami," ujar President Director of Danone AQUA Connie Ang melalui keterangan tertulis, Jumat (9/7/2021).

Danone-AQUA pertama kali meraih sertifikasi B Corp pada tahun 2018.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sertifikasi tersebut sekaligus menjadikan Danone AQUA menjadi perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi B Corp.

Sertifikasi B Corp yang diperkenalkan dan dikeluarkan oleh B Lab sejak 2007 diberikan kepada perusahaan setiap tiga tahun sekali.

Baca juga: Danone dan Google Beri Pelatihan Digital Pelaku Usaha Mikro

Perusahaan yang mendapatkan sertifikasi B Corp merupakan perusahaan yang mampu membuktikan bahwa seluruh proses bisnis yang dijalankan, mulai dari rantai pasok (supply chain), sistem operasional hingga operasional bisnisnya dapat memberi dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat, lingkungan, pelanggan, dan karyawan.

Saat ini, sertifikasi B Corp telah menjangkau lebih dari 4.000 perusahaan pada 153 kategori jenis industri yang telah tersertifikasi dan tersebar di 77 negara, termasuk Indonesia.

Sementara itu, Executive Director B Lab South East Asia Tom Steward menuturkan, tren bisnis berkelanjutan yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat berkembang pesat di dunia dan tengah menjadi fokus bagi banyak perusahaan.

Melalui B Corp, perusahaan-perusahaan yang tergabung menjadi bagian gerakan global yang ikut proaktif terlibat dalam menyelesaikan isu-isu sosial dan lingkungan dengan menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Peningkatan nilai yang diperoleh oleh Danone AQUA di sertifikasi kedua ini, didukung oleh berbagai inisiatif perusahaan yang menyentuh karyawan, lingkungan, konsumen, dan rantai pasok, distribusi, serta mitra.

Baca juga: Sejarah Aqua, Didirikan Tirto Utomo hingga Dibeli Danone Perancis

"Misalnya dengan mengembangkan AQUA Home Service sebagai model distribusi mikro yang telah menjangkau lebih dari 8.000 ibu rumah tangga, mengembangkan kemasan berkelanjutan dan mengembangkan ekonomi sirkular di operasional bisnis, dan memberikan manfaat ke lebih dari 360.000 penerima manfaat akses air bersih. Inisiatif lain mencakup penggunaan energi terbarukan dengan membangun instalasi solar panel, pembangunan 20 Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati), serta menjaga kesejahteraan karyawan dengan memberikan cuti hamil 6 bulan bagi karyawan perempuan dan 10 hari untuk karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan," kata Tom Steward.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.