Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPO, Bukalapak Fokus Cari Untung Ketimbang Bakar Duit

Kompas.com - 10/07/2021, 13:30 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukalapak bakal mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 Agustus mendatang. Kini, Bukalapak tengan menjalani proses penawaran saham perdana (IPO).

Harga saham IPO Bukalapak ditawarkan di kisaran Rp 750 hingga Rp 850 dengan total saham yang diperdagangkan sebanyak 19,3 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan tahun 2018-2020 yang dikutip Kompas.com, Sabtu (10/7/2021), Bukalapak masih mencatatkan rugi sebesar Rp 1,34 triliun pada tahun 2020 lalu.

Baca juga: Minat Beli Saham Bukalapak? Begini Kondisi Keuangannya

CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin pun mengakui keterbatasan sumber dana perusahaan dan mengatakan bakal menggunakan dana segar yang didapatkan dari IPO secara optimal.
Ia pun mengatakan, sebagai perusahaan teknologi Bukalapak ingin tumbuh sehat tanpa melakukan aksi bakar uang.

"Banyak yang bilang peusahaan teknologi kalau mau tumbuh lebih besar harus bakar uang lebih banyak. Tapi cara pikir kami di Bukalapak sedikit berbeda," ujar Rachmat ketika memberikan keterangan dalam public expose, Jumat (9/7/2021).

Namun demikian, Rachmat belum merinci secara lebih ranjut mengenai rencana perusahaan untuk memperbaiki profitabilitas perusahaan.

Ia mengatakan, dari sisi kinerja Bukalapak, perusahaan tersebut mencatatkan pertumbuhan nilai transaksi hingga tiga kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

Pada tahun 2018, total transaksi di e-commerce tersebut tercatat sebesar Rp 28,33 trilliun. Jumlah itu meningkat menjadi Rp 85,08 triliun di tahun 2020.

Baca juga: Bukalapak Targetkan Raup Dana Rp 21,9 Triliun dari IPO

Sementara dari sisi pendapatan, perusahaan tercatat meningkat cukup signifikan sejak tahun 2018, yakni sebesar Rp 292 miliar menjadi Rp 1,35 triliun di tahun 2020.

"Jadi dari tahun 2018, pertumbuhan pendapatan perusahaan rata-rata 115 persen per tahun," ujar Rachmat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com