20 Juta Penerima BST dan PKH Bakal Dapat Bantuan Beras 10 Kg

Kompas.com - 10/07/2021, 14:36 WIB
Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19, secara virtual, Senin (21/06/2021) Dok SetkabKetua KPCPEN Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19, secara virtual, Senin (21/06/2021)
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah akan menambah bantuan sosial yang diterima oleh penerima bantuan sosial tunai (BST/bansos tunai) serta Program Keluarga Harapan (PKH).

Airlangga mengatakan, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan bantuan berupa bantuan bera 10 kg kepada masing-masing penerima BST dan PKH.

Saat ini, pemerintah menargetkan jumlah penerima BST dan KPM masing-masing sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Artinya, ada 20 juta KPM yang akan menerima bantuan beras 10 kg yang akan disediakan oleh Perum Bulog tersebut.

Baca juga: Gelontorkan Bansos Beras, Luhut: Jangan Sampai Ada Orang Enggak Bisa Makan!

"Dukungan APBN pemerintah dalam pelaksanaan PPKM darurat yakni mempersiapkan bantuan beras dari Bulog sebesar 10 kg diberikan ke 10 juga KPM yang menerima PKH dan 10 juta yang menerima BST," ujar Airlangga ketika memberikan keterangan pers PPKM darurat, Jumat (9/7/2021).

Sebelumnya diberitakan, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengungkapkan, pemerintah akan membayarkan bansos tunai untuk periode Mei-Juni pada bulan Juli ini.

BST tersebut akan dibayar secara rapel dengan nominal sebesar Rp 600.000.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penyaluran BST akan dilakukan melalui PT Pos Indonesia, sedangkan PKH disalurkan melalui himpunan bank-bank negara (Himbara).

“Penyaluran sudah dimulai sejak pekan lalu secara bertahap usai dilakukan pembaruan DTKS,” ujar mantan Wali Kota Surabaya itu.

Sementara untuk PKH, setiap KPM menerima besaran bantuan yang berbeda tergantung dengan komposisi anggota keluarga.

Baca juga: Penerima Bansos Dapat Tambahan Beras, Cek di cekbansos.kemensos.go.id

 

Seperti bagi keluarga dengan ibu hamil dan anak usia dini akan mendapatkan Rp 3 juta. Sementara untuk keluarga yang memiliki anak SD maka dia dapat bantuan sebesar Rp 900.000, untuk anak yang sudah SMP dapat Rp 1,5 juta, dan untuk anak yang sudah SMA dapat Rp 2 juta.

Sedangkan keluarga yang memiliki anggota disabilitas atau lansia akan mendapatkan Rp 2,4 juta.

Selain PKH dan BST, pemerintah juga mendorong program BLT UMKM atau BPUM senilai Rp 1,2 juta per penerima.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada 3 juta pengusaha kecil dan diutamakan untuk pelaku usaha yang ada di daerah.

"Ini segera dipersiakan oleh KemenkopUKM dan pemerintah mendorong dukungan UMKM pemerintah sudah ada alokasi yang ada di program PEN," jelas Airlangga.

Baca juga: Bulog Siapkan 200.000 Ton Beras Bansos di Masa PPKM



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.