Menperin Ajak Industri Bahu Membahu Pasok Oksigen Untuk Pasien Covid-19

Kompas.com - 10/07/2021, 16:38 WIB
Penyaluran bantuan 500 ton oksigen ke Pulau Jawa oleh Tanoto Foundation dan PT RAPP (APRIL Group) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, Jumat (9/7/2021). Dok. PT RAPPPenyaluran bantuan 500 ton oksigen ke Pulau Jawa oleh Tanoto Foundation dan PT RAPP (APRIL Group) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, Jumat (9/7/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kenaikan jumlah kasus Covid-19 di tanah air mendorong banyak industri swasta ikut berpartisipasi dalam mencukupi ketersediaan fasilitas dan perlengkapan perawatan Covid-19.

Salah satu industri yang turut berpartisipasi adalah Tanoto Foundation dan mitra perusahaan APRIL Group, PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) dengan pemberian 500 ton oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 di sejumlah daerah.

Bantuan pasokan oksigen medis ini dilakukan dengan mengalihkan fasilitas oksigen plant untuk proses bleaching pulp, yang sebagian digunakan untuk oksigen medis sebesar 500 ton atau 100 ton dalam lima kali pengiriman.

Baca juga: Sandiaga Uno Ungkap Solusi Pemanfaatan AI untuk Dukung Pasokan Oksigen

“Kami proaktif melakukan kerja sama dan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, termasuk asosiasi industri maupun perusahaan industri untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam siaran pers, Jumat (9/7/2021).

Agus mengungkapkan, pihaknya terus bertekad mengerahkan semua kemampuan industri dalam negeri untuk memenuhi lonjakan kebutuhan gas oksigen nasional, di antaranya dengan menginstruksikan perusahaan-perusahaan industri untuk memastikan ketersediaan oksigen khususnya untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis.

“Sektor industrinya tidak hanya yang bergerak khusus dalam bidang produksi gas oksigen, tetapi juga industri yang mempunyai potensi untuk membantu ketersediaan oksigen medis,” ungkap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemenperin sebelumnya telah menerbitkan menerbitkan Instruksi Menteri Perindustrian Nomor 1 Tahun 2021 tentang Produk Oksigen sebagai Komoditas Strategis Industri dalam Masa Covid-19.

“Sebelumnya saya berkomunikasi dengan RAPP, agar bantuan dari RAPP bisa terlaksana. Kami menunggu kontribusi dari perusahaan lainnya untuk mengikuti langkah RAPP,” tambah Agus.

Baca juga: Tanoto Foundation Suplai 500 Ton Oksigen Buat Pasien Covid-19

Agus mengungkapkan, pengiriman akan dilakukan mulai hari Jumat (9/7/2021) dari Pangkalan Kerinci menuju Jakarta secara bertahap. 

Ia menegaskan, kontribusi sektor industri terhadap sektor kesehatan dalam penanggulangan Covid-19 sangat diharapkan dalam situasi sekarang ini.

Board of Trustee Tanoto Foundation, Anderson Tanoto mengemukakan, pihaknya terpanggil untuk merespons dengan cepat ketika mendapatkan informasi bahwa ketersediaan oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 mulai terbatas.

“Kami segera melakukan koordinasi untuk secepat mungkin menyalurkan oksigen yang diproduksi oleh pabrik PT RAPP di Pangkalan Kerinci, Riau ke pulau Jawa untuk membantu memasok oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan,” jelas Anderson.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.