Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Terima Donasi 600 Unit Oxygen Concentrator

Kompas.com - 11/07/2021, 08:05 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerima donasi 600 unit oxygen concentrator dari dua perusahaan. Donasi oksigen tersebut untuk memenuhi pasokan kebutuhan oksigen dalam negeri.

"Sektor industri dapat memberikan kontribusi yang besar dalam penanggulangan Covid-19 pada situasi sekarang ini," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulis, Minggu (11/7/2021).

Adapun bantuan oxygen concentrator terdiri dari 400 unit oxygen concentrator dari PT Indorama Synthetics Tbk serta 200 unit dari PT Indorama Ventures Indonesia.

Hingga Sabtu (10/7/2021), Kemenperin telah menginventarisasi 8.600 unit oxygen concentrator yang sebagiannya berasal dari perusahaan.

Baca juga: Ada Vaksinasi Covid-19 Berbayar, Vaksin Gratis Tetap Tersedia

Selain itu, Kemenperin juga melakukan pengadaan oxygen concentrator melalui realokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kemenperin.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per 6 Juli 2021, kebutuhan oksigen medis meningkat hingga 2.333 ton per hari. Sementara itu kapasitas nasional hanya ada di angka 1.578 ton hari. Artinya, terdapat defisit sekitar 575 ton per hari.

"Kami mendapatkan tugas mencari sumber-sumber oksigen tambahan, baik dari peningkatan kapasitas produksi maupun impor. Saat ini kami sudah mengamankan suplai sekitar 922 ton oksigen per hari, baik yang didapat dari impor maupun lokal," kata Agus.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan apresiasi kepada Kemenperin atas dukungannya dalam menyediakan oksigen untuk rumah sakit di Indonesia.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat sekitar 74.000 pasien yang membutuhkan akses oksigen dalam berbagai format.

Sekitar 5-10 persen pasien membutuhkan oksigen dengan tekanan tinggi dalam bentuk ventilator maupun High Flow Nasal Cannula (HFNC).

"Sedangkan, sebagian besar butuh pasokan oksigen sekitar tiga sampai dengan lima liter per jam yang bisa dipenuhi dengan alat seperti oxygen concentrator," katanya.

Oleh karena itu menurut Menkes, bantuan oxygen concentrator bantuan akan sangat membantu kebutuhan pasien.

Baca juga: Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Berbayar di 8 Klinik Kimia Farma

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com