Cara Cek Pengumuman CPNS 2021 Instansi Pusat dan Daerah se-Indonesia

Kompas.com - 11/07/2021, 09:46 WIB
Panduan Pendaftaran CPNS 2021, CPNS 2021 resmi dibuka. Berikut cara cek pengumuman CPNS 2021 atau pendaftaran CPNS 2021 semua instansi pusat dan daerah di SSCASN 2021. KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoPanduan Pendaftaran CPNS 2021, CPNS 2021 resmi dibuka. Berikut cara cek pengumuman CPNS 2021 atau pendaftaran CPNS 2021 semua instansi pusat dan daerah di SSCASN 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah secara resmi membuka rekrutmen CPNS 2021, termasuk pembukaan lowongan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Informasi pengumuman CPNS 2021 seluruh bisa diakses di www.sscasn.bkn.go.id (SSCASN 2021).

Pengumuman CPNS 2021 sendiri sudah dirilis serentak sejak 30 Juni 2021. Seluruh proses pendaftaran CPNS 2021 dilakukan secara daring melalui SSCASN 2021.

Hingga sekarang, hampir seluruh instansi pemerintah, baik kementerian lembaga pusat maupun pemerintah daerah, sudah merilis informasi pendaftaran dan formasi yang dibutuhkan dalam pengumuman CPNS 2021.

Dalam laman resmi SSCASN 2021, selain pendaftaran CPNS 2021, pemerintah juga membuka rekrutmen untuk tenaga PPPK, terutama untuk formasi guru.

Baca juga: Update Link Formasi CPNS di 47 Instansi Pemerintah Pusat

Setelah membuat akun, pelamar bisa login ke akun SSCASN 2021, kemudian melengkapi biodata dan mengunggah swafoto. Pelaksanaan seleksi akan dilakukan hanya dalam 3 sesi per hari, di titik lokasi yang ditentukan.

Usai masa pendaftaran berakhir, instansi yang membuka pendaftaran CPNS 2021, PPPK non-guru serta guru mulai melakukan verifikasi administrasi para peserta seleksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pendaftaran CPNS 2021 akan berakhir sampai dengan 21 Juli 2021. Setelah verifikasi seleksi administrasi, hasilnya akan diumumkan pada 29 Juli 2021.

Bagi calon pendaftar, BKN sudah menyediakan sistem informasi informasi pendaftaran CPNS dan PPPK untuk semua instansi pemerintah se-Indonesia, baik kementerian/lembaga pusat maupun instansi pemerintah daerah (pemda).

Baca juga: Ada 3.879 Formasi Sipir Penjara untuk Lulusan SMA, Berapa Gajinya?

Informasi yang tersedia antara lain pengumuman pendaftaran CPNS 2021, alur pendaftaran, jumlah formasi yang dibuka, persyaratan, dan kualifikasi pendidikan.

Cara pertama:

  • Buka laman https://data-sscasn.bkn.go.id/periode
  • Pada bagian kolom pencarian atau "Search", ketik nama instansi yang dicari.
  • Tunggu beberapa saat, sistem SSCASN akan menampilkan instansi yang dicari
  • Beberapa informasi yang tersedia yakni status pembukaan, nama instansi, jenis pengadaan, waktu pembukaan dan berakhirnya periode pendaftaran, dan tautan pengumuman CPNS 2021.
  • Pada bagian link informasi, klik tombol "Pengumuman" yang berwarna biru
  • Sistem akan menampilkan informasi pendaftaran CPNS 2021 masing-masing instansi sesuai yang dipilih.

Cara kedua

  • Buka laman https://data-sscasn.bkn.go.id/spf
  • Isi kolom yang tersedia yakni jenis pengadaan, instansi, tingkat pendidikan, dan pendidikan
  • Setelah selesai terisi semua, klik tombol "Cari" di bagian bawah
  • Sistem akan menampilkan informasi sesuai dengan kualifikasi yang diisi meliputi instansi, jabatan, lokasi, pendidikan, jenis formasi, informasi formasi disabilitas, dan jumlah kebutuhan CPNS 2021. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.