Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNA Bisa Ikut Vaksinasi Covid-19 Berbayar, Ini Syaratnya

Kompas.com - 11/07/2021, 14:21 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerbitkan Permenkes Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Di dalam beleid tersebut terdapat dua program vaksinasi yaitu vaksinasi program dan vaksinasi gotong royong. Pada vaksinasi program, masyarakat mendapatkan vaksin secara gratis. Sedangkan pada vaksinasi gotong royong, masyarakat akan dikenakan biaya atau berbayar.

Vaksinasi berbayar tidak hanya untuk Warga Negara Indonesia (WNI) saja, namun Warga Negara Asing (WNA) pun bisa mendapatkan vaksin tersebut. Aturan itu termaktub pada pasal 10 A Permenkes Nomor 19 Tahun 2021.

"Untuk Vaksinasi Gotong Royong meliputi karyawan/karyawati, warga negara asing yang bekerja di badan hukum/badan usaha yang melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong atau individu/orang perorangan warga negara asing," tulis aturan tersebut.

Baca juga: Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 Berbayar di 8 Klinik Kimia Farma

Syarat WNA mendapatkan vaksinasi gotong royong berbayar yaitu harus berusia di atas 60 tahun, tenaga pendidik dan kependidikan, serta warga negara asing tertentu.

Selain itu, WNA yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19 berbayar juga harus memiliki nomor register, Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)/Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), dan nomor paspor.

Sebelumnya, PT Kimia Farma (Persero) Tbk akan melayani vaksinasi Covid-19 berbayar pada Senin (12/7/2021).

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pahala N Mansury mengatakan, program tersebut dilakukan untuk memfasilitasi kebutuhan vaksinasi Covid-19 yang mengalami peningkatan selama beberapa pekan terakhir.

Sementara itu, Direktur Utama Kimia Farma Verdi Budidarmo menjelaskan, saat ini adalah saat yang tepat untuk melakukan vaksinasi berbayar, seiring terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Di tahap awal, program ini baru menyentuh 6 kota dengan 8 klinik. Namun secara perlahan perusahaan farmasi pelat merah itu akan memperluas jangkauannya, termasuk ke pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar.

Baca juga: Ada Vaksinasi Covid-19 Berbayar di Kimia Farma, Berapa Harganya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com