Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[KURASI KOMPASIANA] Tips agar Bisa Membeli Rumah Impian dan Pilih Bank untuk KPR

Kompas.com - 11/07/2021, 15:00 WIB
Harry Rhamdhani

Penulis

KOMPASIANA---Rumah merupakan salah satu jenis investasi yang menjanjikan. Selain prospektif, investasi ini juga tergolong stabil dan tentunya menguntungkan.

Permasalahannya sekarang ini harga rumah yang semakin tahun makin tinggi tidak dibarengi dengan peningkatan penghasilan masyarakat pada umumnya. Sehingga banyak orang yang mengalami kesulitan untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah sendiri.

Meski begitu, keinginan untuk punya hunian sendiri tetap bisa dilakukan jika cermat dan jeli dalam pengelolaan keuangan.

Penting untuk diingat ketika dana sudah tercukupi, kamu juga perlu memperhatikan beberapa faktor lain sebelum memutuskan membeli rumah impian, seperti lokasi rumah hingga pemilihan cara pembayaran melalui tunai atau kredit.

Berikut konten-konten menarik dan populer di Kompasiana terkait tips agar bisa membeli rumah impian hingga cara tepat memilih bank untuk KPR:

1. 5 Tips yang Dapat Dilakukan Anak Muda agar Bisa Membeli Rumah Impian

Ada banyak survei yang mengatakan jika anak muda tidak bisa membeli rumah di masa mendatang. Faktor penyebabnya apalagi selain harga rumah yang tinggi dan tidak berbanding lurus dengan kenaikan pendapatan.

Selain itu gaya hidup anak muda yang cenderung lebih memilih untuk membeli pengalaman dibandingkan kebutuhan hidup yang esensial juga turut memengaruhi.

Terkait akan hal tersebut, Kompasianer Irhamna Mjamil dalam artikelnya membagikan lima tips yang bisa dipraktikkan anak muda untuk membeli rumah impian.

Namun, jangan lupa jika tips tersebut dapat berjalan jika kita mampu menerapkan pengelolaan keuangan yang baik dan sehat. (Baca selengkapnya)

2. Memilih Bank yang Tepat untuk KPR

Membeli rumah secara cash (tunai) adalah impian semua orang. Tanpa utang, tanpa beban.

Tapi harga rumah yang tinggi membuat banyak orang mulai memikirkan opsi lain agar tetap bisa membeli rumah. Salah satunya adalah mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Menurut Kompasianer Melisa Emeraldina sebelum memilih bank, sebaiknya calon pembeli sudah mencari tahu lebih dahulu perumahan mana yang diincar dan apakah pengembang dari perumahan tersebut bekerja sama dengan bank tertentu untuk program KPR-nya.

Karena memilih bank yang sudah bekerja sama dengan pengembang juga akan memudahkan dalam mengurus administrasi dan berkas. (Baca selengkapnya)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com