Kompas.com - 11/07/2021, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah membawa berkah pada penyedia jasa kesehatan digital atau healthtech. Tak mau kehilangan momentum, perbankan ikut membidik transaksi kebutuhan kesehatan nasabah.

Bank Mandiri misalnya, telah curi start menjalin kerja sama dengan healthtech sejak 2019. SVP Credit Card Group Bank Mandiri Lila Noya telah melihat potensi dengan beberapa emerging category merchant seperti e-wallet, insurtech, e-groceries, termasuk healthtech.

“Saat ini kami sudah memiliki partnership dengan Halodoc, Alodokter, Farmaku. Selain itu dengan perkembangan transaksi digital. Pada masa pandemi beberapa partner kami juga menambah fitur dari semula hanya toko konvensional menjadi online yang bisa di akses pada aplikasi,” ujar Lila kepada KONTAN pada Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Aturan Baru Vaksin Gotong Royong: Individu Bisa Bayar Sendiri

Lila melihat trafik transaksi platform digital selalu bertumbuh termasuk pada kategori healthtech. Kategori ini mencatatkan pertumbuhan transaksi kartu kredit 123 persen year to date (ytd) dan merchant naik 311 persen year on year (yoy) per Juni 2021.

“Hingga kuartal kedua 2021 transaksi kartu kredit Bank Mandiri sudah menunjukkan tren positif dengan peningkatan sebesar 4 persen dibandingkan kuartal sebelumnya. Hal tersebut didukung oleh presence program-program Mandiri Kartu Kredit di seluruh kategori untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya,” tambahnya.

Direktur Bank Syariah Indonesia (BSI) Kokok Alun Dir Bisnis Ritel bilang guna memberikan kemudahan bertransaksi bagi nasabah, tersedia produk BSI Hasanah Card. Layaan kartu pembiayaan berbasis syariah ini dapat digunakan di banyak platform digital dalam mendukung layanan kesehatan, seperti Halodoc, Traveloka untuk memesan PCR, Gojek dan Grab untuk pembelian obat.

“Kami melihat potensi kerjasama di layanan healthtech ini sangat tinggi, apalagi di masa pandemi ini. Adapun di situasi pandemi, transaksi Hasanah Card di healthtech meningkat sebesar 320 persen per Juni 2021,” katanya kepada KONTAN.

Baca juga: Pelamar CPNS dan PPPK 2021 di sscasn.bkn.go.id Tembus 1,5 Juta Orang

Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.