RNI Produksi Alat yang Mampu Produksi Oksigen Secara Mandiri

Kompas.com - 11/07/2021, 19:45 WIB
Oksigen generator bernama Hype Oxygen Generator buatan PT Rajawali Nusantara Indonesia atau RNI (Persero). Dok. PT RNIOksigen generator bernama Hype Oxygen Generator buatan PT Rajawali Nusantara Indonesia atau RNI (Persero).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rajawali Nusantara Indonesia atau RNI (Persero) memproduksi oxygen generator buatan dalam negeri yang diberi nama Hype Oxygen Generator. Alat ini diproduksi seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 dan meningkatnya kebutuhan oksigen medis.

Direktur Utama PT RNI Arief Prasetyo mengatakan, alat ini mampu membuat pabrik oksigen secara mandiri di setiap rumah sakit tanpa bergantung dengan metode PSA (Pressure Swing Adsorption).

Cara kerja Hype Oxygen Generator ini, yaitu dengan memisahkan kandungan Nitrogen dari Udara, sehingga tercipta Oksigen dengan Purity 93 persen (+/- 2 persen) sesuai standard medis World Health Organization (WHO).

Baca juga: Menperin Ajak Industri Bahu Membahu Pasok Oksigen Untuk Pasien Covid-19

"Inovasi ini dilakukan pada Kuartal II/2021 dan beberapa Rumah Sakit telah melakukan pemesanan mulai type 50 Liter/ menit hingga type 200 liter/ Menit,” ujar Arief dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/7/2021).

Arief menambahkan, inovasi ini sejalan dengan Instruksi Presiden No.6 Tahun 2016 kepada Menteri BUMN untuk meningkatkan kemampuan BUMN industri farmasi dan Alat Kesehatan (Alkes) melakukan pengembangan Alkes guna mewujudkan kemandirian dan daya saing industri alat kesehatan dalam negeri.

Dia pun berharap Hype Oxygen Generator ini bisa menjadi solusi bagi rumah sakit yang membutuhkan banyak oksigen untuk para pasiennya di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di Tanah Air. Dengan begitu, masyarakat yang terpapar Covid-19 dan membutuhkan penanganan oksigen dapat segera terbantu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oxygen Generator ini, lanjut Arief, termasuk salah satu alat yang direkomendasikan WHO dalam pemenuhan kebutuhan oksigen untuk penanganan Covid-19 dan RNI group siap melakukan pengadaan Alkes Oxygen Generator dengan kapasitas produksi 5 unit/1,5 bulan Hype Oxygen Generator buatan dalam negeri.

Baca juga: Luhut: 30 Oksigen Konsentrator Impor dari Singapura Tiba Hari Ini

RNI akan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian maupun Kementerian Kesehatan untuk pengadaan oksigen generator di setiap Rumah Sakit. Kedepan tidak tertutup kemungkinan akan memperluas jaringan distribusi ke pelaku usaha atau pabrik-pabrik oksigen yang memproduksi secara retail produk ini untuk kebutuhan rumah tangga atau masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Sebagai informasi, Hype Oxygen Generator dapat memproduksi gas oksigen secara mandiri mulai dari type 02G-50 yang mampu memproduksi oksigen 50liter/menit, 02G-100 dengan kemampuan produksi oksigen 100liter/menit, 02G-200 dengan kemampuan oksigen 200 liter/menit, 02G-300 dengan kapasitas produksi oksigen 300 liter/menit hingga 02G-500 dengan produksi oksigen 500 liter/menit.

Baca juga: Darurat, Erick Thohir Minta Truk Tangki Pertamina Angkut Oksigen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.