Ini Jumlah Dosis Vaksin Covid-19 Berbayar yang Tersedia di 6 Kota

Kompas.com - 11/07/2021, 20:50 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 Shutterstock/myboys.meIlustrasi vaksin Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kimia Farma Tbk menyediakan 40.000 dosis vaksin Covid-19 untuk vaksinasi berbayar di 8 klinik Kimia Farma yang berada di 6 kota mulai Senin (12/7/2021).

Corporate Secretary PT Bio Farma Tbk Bambang Heriyanto mengatakan, vaksinasi berbayar akan menggunakan vaksin Sinopharm. Setiap klinik akan tersedia 5.000 dosis vaksin.

"Vaksin yang digunakan sama persis dengan yang sudah kita gunakan untuk vaksinasi gotong royong (badan usaha/badan hukum). Jadi bukan vaksin hasil seleksi atau lungsuran atau bermasalah kita kasih," kata dia melalui konferensi pers virtual, Minggu (11/7/2021).

Bambang memastikan tidak ada pengurangan kualitas serta efikasi vaksinasi gotong royong individu yang dikenakan biaya tersebut.

"Kualitas dan efikasinya kita kasih sama, hanya memang tidak menggunakan vaksin program pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Kimia Farma: Kami Tidak Memanfaatkan Vaksinasi untuk Tujuan Komersial

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Kimia Farma Diagnostik (KFD) Agus Chandra mengungkapkan, stok vaksin Covid-19 berbayar akan ditambah menyusul akan datangnya pasokan vaksin untuk vaksinasi berbayar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Agus, vaksinasi berbayar bisa membantu pemerataan vaksinasi sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Tujuannya untuk mempercepat ekonomi kita pulih. Jadi banyak yang rela bersedia kalau memang punya kemampuan, kita akan melakukan vaksinasi," ujar Agus.

Sebelumnya, program vaksinasi gotong royong diperuntukan bagi karyawan perusahaan. Penerima vaksin tidak dipungut biaya karena vaksin dibayar oleh perusahaan.

Namun pemerintah mengubah aturan vaksinasi gotong royong lewat Peraturan Menteri Kesehatan No. 19 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Permenkes No. 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang terbit pada 5 Juli 2021.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.