Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Vaksinasi di Pantai Gunungkidul, Ini Kata Sandiaga Uno

Kompas.com - 12/07/2021, 12:46 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno buka suara terkait viralnya video vaksinasi Covid-19 di salah satu pantai di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tepatnya di kawasan Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Tepus.

Sandiaga menilai vaksinasi di destinasi wisata tersebut merupakan bentuk inovasi dan kreativitas sehingga memberikan insentif, bukan hanya kepada para penerima vaksin tapi juga untuk tenaga kesehatan.

"Kami mendukung 100 persen, ayo ciptakan konten-konten kreatif di destinasi-destinasi wisata yang super cantik di seluruh Indonesia, lalu share melalui kanal media sosial apapun platform-nya,” kata Sandiaga dalam video di akun Instagram resminya, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Elon Musk Terancam Denda Rp 28,8 Triliun, Apa Penyebabnya?

Sebelumnya beredar video berdurasi 45 detik yang menunjukkan para peserta vaksinasi dengan latar belakang laut. Vaksinasi tersebut sudah mendapatkan izin dari Dinas Pariwisata setempat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

Sebanyak 100 orang ikut program vaksinasi wisata di Kabupaten Gunung Kidul. Sebagian besar peserta merupakan warga Tepus dan sekitarnya.

“Melihat pelaksanaan vaksin di destinasi wisata khususnya yang sangat epic seperti di Gunungkidul pinggir pantai merupakan upaya kami mendorong pemulihan ekonomi. Wisata vaksin merupakan adaptasi sektor pariwisata, menggeliatkan kembali ekonomi dan menumbuhkan lapangan kerja, dengan menjadikan destinasi wisata serta ekonomi kreatif sebagai sentra vaksinasi,” ujar Sandiaga.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengatakan wisata berbasis vaksin akan mempercepat progres vaksinasi di Indonesia.

Di samping itu, Sandiaga menilai wisata berbasis vaksin akan meningkatkan waktu kunjungan wisatawan selama paling tidak 15 hari atau mencakup vaksinasi pertama dan vaksinasi kedua (dua pekan setelah vaksinasi pertama).

Baca juga: Resmi Berlaku, Naik Ojol dan Taksi Online Wajib Pakai STRP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com