BCA Digital Direncanakan IPO dalam Satu hingga Dua Tahun ke Depan

Kompas.com - 12/07/2021, 14:37 WIB
Ilustrasi Bank BCA (Dok. BCA) Ilustrasi Bank BCA (Dok. BCA)
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) meminta penjelasan kepada PT Bank Central Asia (Tbk) (BCA) terkait pemberitaan mengenai rencana anak usaha perusahaan, PT Bank Digital BCA, melakukan penawaran umum saham perdana (Inital Publik Offering/IPO).

Dalam dokumen keterbukaan informasi yang diunggah di laman resmi BEI, BCA pun membenarkan pemberitaan tersebut.

Sekretaris Perusahaan BCA Raymon Yonarto di dalam dokumen tersebut menjelaskan, IPO BCA Digital merupakan bagian dari rencana jangka panjang perusahaan. Menurut dia, IPO BCA Digital kemungkinan akan dilakukan dalam waktu satu hingga dua tahun ke depan.

Baca juga: Mulai Besok, Kantor Cabang BCA Hanya Buka Sampai Pukul 14.00

"Dengan ini kami sampaikan bahwa benar perseroan memiliki rencana pengembangan bisnis atas entitas anak perseroan, yaitu PT Bank Digital BCA untuk jangka panjang termasuk potensi untuk melakukan penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering dalam 1 sampai 2 tahun ke depan," tulis Raymon seperti dikutip Kompas.com dari dokumen keterbukaan informasi, Senin (12/7/2021).

Namun demikian ia menegaskan, rencana IPO BCA Digital tersebut akan mempertimbangkan dan menyesuaikan dinamika pasar serta perkembangan ekonomi di masa yang akan datang.

BCA pun menegaskan, perusahaan akan menjalankan operasionak perbankan serta sebagai bagian dari anggota BEI untuk terus mengikuti ketentuan Undang-Undang (UU) perbankan, mengacu pada ketentuan yang ditetapkan, dan berkoordinasi dengan regulator perbankan dan otoritas terkait.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bank Digital Buatan BCA Akan Diluncurkan pada 2 Juli 2021

Seperti diketahui, BCA Digital baru saja meluncurkan aplikasi layanan perbankan digital pada awal Juli lalu yang disebut dengan 'blu'.

Keberadaan BCA Digital turut meramaikan pasar bank digital yang Indonesia yang saat ini diisi oleh pemain seperti Jenius milik Bank BTPN, Digibank milik DBS, Jago oleh Bank Jago,TMRW UOB dan Wokee Bank Bukopin.

Selain itu, ada pula beberapa bank lain yang sedang dalam proses menjadi bank digital, yakni PT BRI Agroniaga Tbk, (AGRO), PT Bank Neo Commerce Tbk, (BBYB), PT Bank Capital Tbk(BACA). Lalu ada pula, PT Bank Harda Internasional Tbk (BBHI), PT Bank QNB Indonesia Tbk (BKSW) dan PT Bank KEB Hana.

Baca juga: KPR BCA Online Expo, Bunga Hanya 5,25 Persen hingga Rumah Rp 100-an Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.