Sea Group Sumbang 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin buat Indonesia

Kompas.com - 12/07/2021, 14:40 WIB
Sea Group, perusahaan induk Shopee dan Garena menyerahkan bantuan 1.000 tabung oksigen untuk penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Dok. Shopee IndonesiaSea Group, perusahaan induk Shopee dan Garena menyerahkan bantuan 1.000 tabung oksigen untuk penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sea Group, perusahaan induk Shopee dan Garena memberikan bantuan 1.000 tabung oksigen dan 1 juta vaksinasi untuk Indonesia. Hal ini sebagai upaya untuk percepatan pemulihan Indonesia dari pandemi Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, apreasiasinya kepada Sea Group yang turut mengambil peran dalam upaya menanggulangi dan mempercepat pemulihan pandemi di Tanah Air.

"Saya ingin mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis dalam menanggulangi kenaikan kasus Covid-19," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Tanoto Foundation Suplai 500 Ton Oksigen Buat Pasien Covid-19

Ia mengatakan, dalam upaya melawan pandemi Covid-19 memang dibutuhkan kerja sama, tak bisa hanya mengandalkan satu pihak saja. Hal ini berlaku pula bagi Indonesia.

Oleh sebab itu, pentingnya gerakan bersama antara pemerintah, perusahaan, maupun individu dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Kita harus inklusif bekerja sama dengan seluruh kelompok masyarakat di dunia untuk mengatasi pandemi ini," kata Budi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menjelaskan, nanti bantuan tabung-tabung oksigen tersebut akan didistribusikan bagi wilayah-wilayah di Indonesia, terutama 7 provinsi di Pulau Jawa dan Bali yang saat ini sedang mengalami kenaikan kasus.

Secara spesifik, lanjut Budi, akan banyak didistribusikan ke Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta, mengingat kedua provinsi itu juga memiliki peningkatan kasus yang tinggi. Di sisi lain, pabrik-pabrik oksigen lokasinya ada di Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim)

Sehingga dengan penempatan cadangan oksigen di Jateng dan DI Yogyakarta diharapkan akan menghemat biaya distribusi dan logistik ke kedua wilayah tersebut.

"Yogyakarta dan Jateng alami kesulitan dari sisi distribusi dan logistik untuk memenuhi kebutuhan oksigen, maka semakin banyak menaruh tabung untuk menyimpan cadangan oksigen di Jateng dan Yogyakarta, akan mengurangi beban transportasi logistik dari Jabar dan Jatim ke Jateng," paparnya.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.