Rupiah Masih akan Dibayangi Sejumlah Sentimen hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 12/07/2021, 17:03 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah sampai akhir tahun masih akan dipengaruhi oleh sentimen inflasi dan rencana tapering dari The Fed. Selain itu, lonjakan kasus Covid-19 juga dinilai masih akan menjadi sentimen negatif yang membayangi rupiah ke depannya.

Presiden Komisoner HFX Internasional Berjangka Sutopo Widodo menilai sentimen inflasi dan rencana tapering akan mempengaruhi rupiah ke depannya, walaupun hal ini masih membutuhkan waktu.

Selain itu, tingkat pengangguran di Indonesia juga meningkat menjadi 6,26 persen di kuartal pertama 2021 dari 4,94 persen di kuartal yang sama tahun sebelumnya, di tengah pelemahan ekonomi akibat krisis Covid-19.

Baca juga: Indonesia Turun Kelas, Kemenko Perekonomian: Semua Negara Alami Hal yang Sama

“Jumlah pengangguran melonjak 1,82 juta menjadi 8,75 juta di bulan Februari. Sedangkan Ekonomi Indonesia menyusut 0,74 persen pada kuartal pertama tahun 2021, sesuai dengan konsensus pasar dan setelah jatuh 2,19 persen pada periode sebelumnya, perkiraan kuartal II 2021 tetap di angka -0,74 persen,” kata Sutopo sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id, Senin (12/7/2021).

Sementara itu, menurutnya dengan kondisi Asia dengan peningkatan virus delta dan menanjaknya penularan di Malaysia, Thailand, Vietnam dan terutama Indonesia, akan semakin membebani sentimen.

Ia juga menilai bahwa pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan membebani aktivitas ekonomi, dan hal tersebut akan buruk bagi pemulihan ekonomi Indonesia itu sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sri Mulyani: Agar Berdampak Positif ke Perekonomian, Vaksinasi Harus Capai 1 Juta Dosis Per Hari

“Sentimen negatif virus akan terus menjadi perhatian investor dan pedagang di kuartal ketiga ini, penyelenggaraan vaksin yang masih terbatas juga menjadi pemicu tambahan,” ujar Sutopo.

Untuk akhir tahun, apabila pelaksanaan vaksin berjalan lancar dan PPKM sudah selesai, ditambah dengan data penularan dan angka kematian yang berkurang, ia menilai kondisi rupiah masih akan berada di angka Rp 14.700 per dolar AS.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Rupiah masih akan dibayangi sejumlah sentimen hingga akhir tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.