Laju Inflasi Diprediksi Makin Tertahan jika PPKM Darurat Diperpanjang

Kompas.com - 13/07/2021, 20:19 WIB
Penyebab dan dampak inflasi, Ilustrasi inflasi (apa itu inflasi? Inflasi adalah kondisi harga barang naik) shutterstock.comPenyebab dan dampak inflasi, Ilustrasi inflasi (apa itu inflasi? Inflasi adalah kondisi harga barang naik)

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy memprediksi potensi inflasi di 2021 akan berada di kisaran 2,5 persen sampai 3 persen jika PPKM Darurat diperpanjang.

“Di sisi lain pemerintah juga baru-baru ini ikut mengkoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi dari yang tadinya mencapai 5 persen dikoreksi menjadi maksimal 4,5 persen sudah tentu akan kondisi ini akan berdampak pada proyeksi inflasi,” ujar Yusuf kepada Kontan.co.id, Selasa (13/7/2021).

Yusuf memaparkan, umumnya inflasi cenderung mengikuti arah dari pergerakan dari pertumbuhan ekonomi. Jika pertumbuhan ekonomi tumbuh maka besar kemungkinan inflasi juga akan mengalami peningkatan.

Baca juga: Sandiaga Uno: Ekonomi Syariah Tumbuh Signifikan di Tengah Pandemi Covid-19

Sejalan dengan itu, ilustrasi aktifitas perekonomian juga akan mendorong permintaan barang dan jasa dari masyarakat, dengan dorongan ini maka potensi pergerakan harga untuk bergerak naik besar kemungkinan akan terjadi.

Yusuf memandang PPKM Darurat di Jawa-Bali, dan beberapa provinsi di luar Jawa yang diterapkan oleh pemerintah, kondisi ini akan membatasi aktivitas perekonomian.

Jika aktivitas perekonomian terbatas maka akan berpotensi pada berkurangnya pendapatan masyarakat dalam masa pembatasan ini menjadi lebih besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, jika pendapatan masyarakat berkurang, maka potensi daya beli juga akan ikut berkurang. Akibatnya jika daya beli berkurang maka permintaan barang dan jasa juga akan ikut berkurang, sehingga akan menekan laju inflasi.

Baca juga: Menkes Minta Produsen Turunkan Harga Obat Terapi Covid-19

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Laju inflasi diramal kian mini jika PPKM Darurat diperpanjang



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.