Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laju Inflasi Diprediksi Makin Tertahan jika PPKM Darurat Diperpanjang

Kompas.com - 13/07/2021, 20:19 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Yusuf Rendy memprediksi potensi inflasi di 2021 akan berada di kisaran 2,5 persen sampai 3 persen jika PPKM Darurat diperpanjang.

“Di sisi lain pemerintah juga baru-baru ini ikut mengkoreksi proyeksi pertumbuhan ekonomi dari yang tadinya mencapai 5 persen dikoreksi menjadi maksimal 4,5 persen sudah tentu akan kondisi ini akan berdampak pada proyeksi inflasi,” ujar Yusuf kepada Kontan.co.id, Selasa (13/7/2021).

Yusuf memaparkan, umumnya inflasi cenderung mengikuti arah dari pergerakan dari pertumbuhan ekonomi. Jika pertumbuhan ekonomi tumbuh maka besar kemungkinan inflasi juga akan mengalami peningkatan.

Baca juga: Sandiaga Uno: Ekonomi Syariah Tumbuh Signifikan di Tengah Pandemi Covid-19

Sejalan dengan itu, ilustrasi aktifitas perekonomian juga akan mendorong permintaan barang dan jasa dari masyarakat, dengan dorongan ini maka potensi pergerakan harga untuk bergerak naik besar kemungkinan akan terjadi.

Yusuf memandang PPKM Darurat di Jawa-Bali, dan beberapa provinsi di luar Jawa yang diterapkan oleh pemerintah, kondisi ini akan membatasi aktivitas perekonomian.

Jika aktivitas perekonomian terbatas maka akan berpotensi pada berkurangnya pendapatan masyarakat dalam masa pembatasan ini menjadi lebih besar.

Selain itu, jika pendapatan masyarakat berkurang, maka potensi daya beli juga akan ikut berkurang. Akibatnya jika daya beli berkurang maka permintaan barang dan jasa juga akan ikut berkurang, sehingga akan menekan laju inflasi.

Baca juga: Menkes Minta Produsen Turunkan Harga Obat Terapi Covid-19

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Laju inflasi diramal kian mini jika PPKM Darurat diperpanjang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com