Ini Catatan Analis atas Saham Bukalapak yang Akan Melantai di Bursa

Kompas.com - 14/07/2021, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bukalapak.com Tbk yang nantinya menggunakan kode emiten BUKA ini telah membuka kesempatan kepada calon investor untuk membeli saham tersebut.

Adapun harga saham BUKA yang ditawarkan kisaran Rp 750 hingga Rp 850 tiap sahamnya.

Analis MNC Asset Management Edwin Sebayang menilai, saham Bukalapak untuk jangka pendek masih berpeluang naik karena terjadi oversubscribe atau kelebihan pemesanan disebabkan euforia.

Baca juga: Minat Beli Saham Bukalapak? Begini Kondisi Keuangannya

Namun, menurutnya lagi, investor bakal mencermati fundamental Bukalapak usai resmi IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama dua pekan kedepan.

"Sekitar satu atau dua minggu (peluang kenaikan saham BUKA). Enggak perlu nunggu tahun berikutnya, setelah naik harganya investor akan bertanya bagaimana fundamentalnya? Kalau kinerja fundamentalnya masih buruk alias masih rugi maka saham BUKA akan ditinggalkan investor," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Ia menambahkan, ada dua faktor kemungkinan saham BUKA bakal ditinggalkan investor retail apabila tidak segera dievaluasi.

Pertama, volume transaksi perdagangannya. Kedua, kinerja keuangan perusahaan platform e-commerce yang diakui masih merugi.

Baca juga: Menilik Peluang dan Tantangan dari Rencana IPO Bukalapak dan GoTo

"Jika volumenya mulai sepi maka investor retail akan neninggalkan saham tersebut karena investor di Indonesia valuasi dari saham BUKA sangat mahal. Apalagi ternyata di tahun 2021, kinerja fundamental saham BUKA masih merugi yang artinya tidak bisa bagi dividen maka saham BUKA akan ditinggalkan investor," jelas dia.

"Dengan kata lain setelah saham BUKA naik, selanjutnya pertanyaan investor adalah apakah saham BUKA bisa memberikan dividen dan terjadi perbaikan kinerja keuangannya?" tanya Edwin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.