Pyridam Farma Genjot Produksi Azithromycin untuk Terapi Pasien Covid-19

Kompas.com - 14/07/2021, 12:30 WIB
Azithromycin buatan Pyridam Farma dok Pyridam FarmaAzithromycin buatan Pyridam Farma

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pyridam Farma Tbk memprioritaskan melakukan produksi serta distribusi obat-obat terapi Covid-19 seperti Azithromycin 500 miligram (mg), Levofloxacin, serta vitamin D3-1.000 sesuai HET yang telah ditetapkan pemerintah.

Direktur PT Pyridam Farma Tbk Widjanarko Brotosaputro menuturkan hal itu merupakan respons perseroan guna ikut membantu mengatasi melonjaknya kasus positif Covid-19 di Indonesia.

 

"Kasus Covid-19 di Indonesia meningkat cukup pesat. Sebagai salah satu perusahaan farmasi di Indonesia, PYFA akan memprioritaskan produksi serta distribusi obat maupun suplemen yang mendukung percepatan kesembuhan penderita Covid-19," ujar dia melalui keterangan tertulis, Rabu (14/7/2021).

Baca juga: Menkes Minta Produsen Turunkan Harga Obat Terapi Covid-19

Widjanarko menuturkan, langkah itu juga sebagai tindak lanjut pertemuan antara manajemen Pyridam Farma dengan Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

"Hari ini PYFA siap mendistribusikan 100.000 tablet Azithromycin 500mg sesuai dengan harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan pemerintah. Sementara itu sekitar 275.000 tablet sedang dalam produksi dan akan kami distribusikan secepatnya," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menekan harga obat penanganan Covid-19 tidak dipasarkan di atas HET, pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor HK.1.7/menkes/4826 Tahun 2021. Ada 11 obat yang telah ditetapkan HET-nya oleh pemerintah, salah satunya Azithromycin 500 mg yang merupakan antibiotik.

Menurut buku Pedoman Tatalaksana Covid-19, Azithromycin dapat digunakan sebagai salah satu terapi farmakologis (terapi dengan obat) untuk pasien Covid-19.

Baca juga: Luhut Minta Tindak Tegas Produsen dan Distributor Obat yang Nakal

 

Selain terapi obat, baik pasien Covid-19 maupun masyarakat sebaiknya mengonsumsi suplemen dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh guna memperkuat imun dalam melawan virus corona.

Saat ini PYFA memproduksi sejumlah suplemen dan vitamin seperti Damuvit C1.000, D3-1.000, D3-400, Imudator dan Pyfaton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.