Produk Garudafood Sudah Diekspor ke Lebih dari 20 Negara

Kompas.com - 14/07/2021, 13:35 WIB
Beberapa produk Garudafood (tangkapan layar www.garudafood.com) KOMPAS.com/YOGA SUKMANABeberapa produk Garudafood (tangkapan layar www.garudafood.com)

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen makanan dan minuman, PT Garudafood Putra Putri jaya Tbk (GOOD) terus berupaya meningkatkan penjualan produknya ke berbagai wilayah, termasuk ekspor ke luar negeri.

Direktur Garudafood Putra Putri Jaya Paulus Tedjosutikno mengatakan, GOOD telah mengekspor produk makanan dan minuman ke lebih dari 20 negara di seluruh dunia. Adapun fokus ekspor GOOD ditujukan ke Asia Tenggara, India, dan China.

Emiten ini memiliki anak usaha bernama Goldenbird Pacific Trading Pte. Ltd yang berlokasi di Singapura. Perusahaan ini membantu GOOD untuk mendistribusikan produknya di pasar ekspor.

Paulus melanjutkan, khusus untuk biskuit, GOOD hanya mengusung merek Gery yang mana perusahaan benar-benar berinvestasi dalam mengembangkan merek tersebut di kancah mancanegara.

“Harapan kami merek Gery makin terkenal dan diakui di negara-negara yang jadi tujuan ekspor,” ujar dia dalam acara Investor Daily Summit 2021 secara virtual, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Serikat Buruh Khawatir Terjadi Ledakan PHK jika PPKM Darurat Diperpanjang

Meski tidak disebut secara rinci, ekspor produk GOOD terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Hanya saja, tantangan muncul di tahun 2020 lalu saat pandemi Covid-19 mulai merebak.

GOOD sedikit kesulitan mengakses negara-negara yang memberlakukan pembatasan kegiatan yang begitu ketat.

“Tapi masih ada beberapa negara yang bisa kami tingkatkan ekspornya seperti India, Malaysia, dan Thailand,” tutur Paulus.

Sedangkan di dalam negeri, distribusi produk GOOD dilakukan oleh anak usahanya yaitu PT Sinarniaga Sejahtera (SNS). Perusahaan ini memiliki 130 depo dan sekitar 340.000 pelanggan aktif.

Inovasi dalam menjual produk juga dilakukan GOOD lewat kolaborasi dengan Falcon Picture, salah satu rumah produksi film Indonesia. Dengan demikian, GOOD berkesempatan memasarkan produknya melalui branding Falcon Pictures, termasuk menjadi properti makanan dan minuman di film-film yang diproduksi perusahaan tersebut.

Sebagai informasi, GOOD memiliki 7 merek produk, yaitu Garuda untuk kacang dan snack pilus, Gery untuk biskuit, Chocolatos untuk biskuit cokelat dan minuman cokelat, Leo untuk keripik, Clevo untuk minuman susu, serta Prochiz dan Top Chiz untuk keju cheddar olahan dan salad dressing.

Lini bisnis keju GOOD sendiri dikendalikan oleh anak usahanya yaitu PT Mulia Boga Raya yang sudah kompeten di bidang produksi keju olahan. Saat ini, GOOD memiliki 5 pabrik yang berlokasi di Pati (2 pabrik), Gresik (1 pabrik), Rancaekek (1 pabrik), dan Cikarang (1 pabrik). (Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo)

Baca juga: Bea Cukai Lelang 3 Mobil Klasik, Harga Mulai Rp 254,3 Juta

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Garudafood (GOOD) ekspor produk makanan dan minuman ke lebih dari 20 negara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.