BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Brother

Tunjang Produktivitas Selama WFH, Ini 4 Keuntungan Memiliki Printer di Rumah

Kompas.com - 14/07/2021, 16:23 WIB
Imalay Naomi Lasono,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Di zaman serbadigital, beberapa orang mempertanyakan urgensi memiliki mesin pencetak atau printer di rumah. Pasalnya, beragam dokumen sudah bisa dikirim hanya melalui email, tanpa perlu mencetak. Namun, benarkah demikian?

Meski digitalisasi telah merebak, bukan berarti dokumen cetak sudah memasuki senjakala. Buktinya, beragam dokumen cetak masih dibutuhkan untuk kepentingan bisnis atau pekerjaan. Contohnya, invoice bagi pebisnis dan laporan bagi pekerja.

Pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat seperti sekarang, pemenuhan kebutuhan mencetak dokumen sedikit runyam bila tidak memiliki mesin printer di rumah.

Pasalnya, baik pebisnis maupun pekerja di sektor nonesensial dan nonkritikal harus bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Alhasil, kegiatan mencetak dokumen penting pun harus pula dilakukan dari rumah.

Baca juga: Perusahaan Wajib Tahu, Ini 5 Tips agar Karyawan Dapat Bekerja Lebih Efisien di Kantor

Karena itulah, sekalipun sudah memasuki era digitalisasi, kepemilikan printer di rumah tetap penting. Berikut kemudahan yang didapat selama WFH bila memiliki mesin printer di rumah.

1. Tidak repot harus keluar rumah

Kegiatan mencetak dokumen terasa kurang leluasa jika tidak memiliki mesin printer di rumah. Pasalnya, dokumen penting yang diwajibkan untuk dicetak dapat datang kapan saja sehingga pebisnis dan pekerja perlu pergi ke warung fotokopi. Padahal, saat ini sejumlah warung fotokopi pun memiliki batas jam kerja.

Untuk itu, memiliki mesin printer sendiri di rumah bisa memudahkan pengguna sehingga tidak perlu repot pergi keluar rumah. Dengan memiliki printer, pengguna hanya perlu menyiapkan sejumlah dokumen penting melalui berbagai software pada komputer dan smartphone. Kemudian, mengikuti beberapa langkah printing yang tertera.

Dengan begitu, pengguna tidak merasa terbebani dengan kegiatan mencetak dokumen.

2. Hemat uang dan waktu

Memiliki mesin printer di rumah dapat menghemat waktu. Dengan mencetak melalui mesin cetak sendiri, pengguna bisa meninggalkan mesin printer yang sedang mencetak dan melakukan sejumlah aktivitas lain di rumah.

Selain itu, memiliki mesin printer sendiri juga menekan pengeluaran dalam hal mencetak dokumen. Pengguna hanya perlu membeli satu rim kertas berisi 500 lembar yang bisa digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

3. Tidak takut terkena virus dari komputer percetakan

Komputer percetakan yang digunakan banyak orang menyebabkan dokumen menjadi rentan terkena virus. Akibatnya, dokumen yang hendak dicetak menjadi tidak dapat dibuka. Bahkan, virus bisa pula menghapus seluruh fail di dalam flash disk.

Dengan memiliki mesin printer di rumah, hal tersebut bisa dihindari. Pasalnya, pengguna dapat memantau sejumlah perangkat yang akan disambung pada komputer pribadinya sehingga kegiatan mencetak menjadi lebih aman dan tenang.

4. Bisa cetak dan scan dokumen kapan saja

Kemudahan selanjutnya dari memiliki mesin printer di rumah adalah dapat mencetak dan scan dokumen kapan saja. Salah satunya adalah dokumen yang perlu ditandatangani.

Sejumlah pekerja dan pebisnis tidak merasa nyaman dengan dokumen yang hanya ditandatangani secara digital melalui perangkat smartphone. Karena itu, memiliki mesin printer yang bisa mencetak dan scan sekaligus akan memudahkan kegiatan ini.

Untuk diketahui, pencetak rumahan yang memiliki teknologi scan dokumen juga dapat digunakan sebagai mesin fotokopi. Adapun brand printer yang sudah memiliki teknologi ini adalah Brother Printer dengan ketiga seri terbarunya, DCP-T220 Ink Tank, DCP-T420W Ink Tank, dan DCP-T520W Ink Tank.

Selain memiliki sejumlah kelebihan seperti printer pada umumnya, ketiga seri Brother Printer tersebut memanjakan penggunanya dengan pengaturan awal yang menggunakan sistem plug and play. Sistem ini memudahkan pengguna dengan menjalankan aktivitas printing hanya dengan mencolokkan kabel dan tanpa perlu mengunduh device driver.

Baca juga: PPKM Darurat Bukan Alasan untuk Tidak Produktif Selama WFH

Brother DCP-T220, DCP-T420W, dan DCP-T520W juga memakai sistem ink tank. Sebagai informasi, sistem ink tank merupakan modifikasi bawaan produsen sehingga tangki bisa memuat lebih banyak tinta.

Kondisi tangki tinta yang berada pada luar printer juga memudahkan pengguna ketika mengisi ulang dan mencegah terjadinya kebocoran.

Ketiga seri terbaru mesin cetak rumahan besutan Brother tersebut mampu mencetak 7.500 halaman hitam putih dan 5.000 halaman berwarna pada kondisi tinta yang penuh. Hal ini membuktikan bahwa Brother Printer merupakan printer yang hemat dan ekonomis.

Tidak hanya itu, printer Brother DCP-T220, DCP-T420W, dan DCP-T520W memiliki kapasitas paper tray hingga 150 lembar. Dengan kapasitas yang banyak ini, pengguna tidak perlu memasukkan kertas ke badan printer sedikit demi sedikit.

Adapun khusus pada seri Brother DCP-T420W dan DCP-T520W, kedua printer ini sudah dilengkapi teknologi wireless. Teknologi ini memudahkan pengguna untuk mencetak tanpa perlu menggunakan kabel dan beberapa hard-disk eksternal.

Selain itu, teknologi wifi direct juga sudah tersemat pada seri Brother DCP-T520W. Dengan kelebihan ini, kamu dan anggota keluarga yang lain bisa mencetak berbagai dokumen saat WFH melalui smartphone.

Kelebihan yang tersemat pada seri tersebut pun membuat pengguna tidak perlu khawatir terhadap virus yang bisa menyebabkan berbagai fail hilang.

Seri Brother DCP-T520W juga menjadi printer yang memiliki waktu cetak yang terbilang cepat, yakni 17/9.5 images per second (ipm).

Tidak hanya itu, Brother Printer juga memudahkan penggunanya untuk mengatur mesin cetak dalam ketiga seri printer untuk WFH tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran display layar light-emitting diode (LED) pada seri Brother DCP-T220W dan DCP-T420W.

Sementara, seri Brother DCP-T520W sudah mengaplikasikan layar liquid crystal display (LCD).

Untuk diketahui, Brother Printer juga mengeluarkan tinta orisinal yang membuat mesin dan printhead menjadi lebih tahan lama.

Itulah berbagai kelebihan memiliki mesin cetak di rumah. Dengan mengetahui berbagai kelebihan tersebut, Anda bisa semakin yakin untuk memilikinya di rumah, terutama dengan mempertimbangkan Brother DCP-T220, DCP-T420W, dan DCP-T520W menjadi peranti wajib saat WFH. 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com