Jelang Idul Adha, 1.065 Titik Penyekatan Disiapkan di Wilayah Lampung, Jawa, dan Bali

Kompas.com - 15/07/2021, 05:12 WIB
Ruas jalan protokol Semarang menuju Jalan Pahlawan KOMPAS.com/dishub semarangRuas jalan protokol Semarang menuju Jalan Pahlawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan menyiapkan 1.065 titik penyekatan dalam rangka mengantisipasi pergerakan pada periode Idul Adha.

Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono mengatakan, titik penyekatan yang juga disiapkan untuk mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat itu akan dibangun di wilayah Lampung, Jawa, dan Bali.

Istiono menjabarkan, 1.065 titik tersebut akan tersebar di 85 lokasi penyekatan di jalan tol, 6 lokasi di pelabuhan, dan 974 lokasi di jalan non-tol.

Baca juga: Kemenhub "Kandangkan" 2 Bus AKAP yang Nekat Angkut Penumpang Tanpa Dilengkapi Sertifikat Vaksin

Dengan adanya titik penyekatan, Korlantas akan menyeleksi kendaraan yang boleh melintas pada periode Idul Adha nanti.

Adapun kendaraan yang boleh melintas mengacu kepada Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021 dan SE Menteri Perhubungan Nomor 43 Tahun 2021.

“Titik-titik penyekatan ini kita buat kemudian kita lakukan pembatasan penyekatan selektif, yang bisa jalan hanya sektor esensial dan kritikal. Jadi persyaratan perjalanan tetap kita pedomani, SE Satgas, dan SE Menhub,” tutur Istiono dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain sektor esensial dan kritikal, kendaraan pengangkut logistik dipastikan masih tetap dapat melintas dan beroperasi selama periode tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, untuk mendukung upaya tersebut, pihaknya akan melakukan rapid test antigen di sejumlah terminal tipe A.

Baca juga: PPKM Darurat, Kemenhub Bakal Tes Acak Covid-19 di Simpul Transportasi

“Namun, jumlahnya tidak banyak karena penumpang bus belakangan tidak banyak,” katanya.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga memfasilitasi vaksinasi Covid-19 bagi para pengemudi truk dan pendampingnya.

“Ini dilakukan di 4 pelabuhan besar, Merak, Bakaheuni, Ketapang, dan Gilimanuk,” ucap Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.