Penikmat Wisata dan Seni, Coba Lamar Formasi CPNS Ini di Kementerian Parekraf

Kompas.com - 15/07/2021, 06:32 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno di kawasan pariwisata Borobudur Highland KemenparekrafMenparekraf Sandiaga Uno di kawasan pariwisata Borobudur Highland

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kamu yang suka travelling dan membuat ulasan mengenai lokasi-lokasi wisata, karya seni hingga ekonomi kreatif, ada baiknya mencoba melamar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam pengumuman resminya, kementerian yang dipimpin oleh Sandiaga Uno ini membuka sejumlah formasi CPNS yang memungkinkan pelamar bisa travelling ke berbagai destinasi wisata serta melihat berbagai karya seni.

 

Tak hanya itu, CPNS yang diterima juga membuat ulasan mengenai tempat-tempat wisata yang potensial dikembangkan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti halnya perencanaan wilayah dan tata ruang, lingkungan, dan sebagainya.

Baca juga: Selain Gunungkidul, Sandiaga Dorong Daerah Lain Lakukan Wisata Vaksin

Mengutip website resmi Kemenparekraf, sejumlah posisi yang ditawarkan antara lain:

Analis Apresiasi Karya Seni

Mengutip berbagai sumber tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari posisi ini adalah memberikan analisis dan penilaian mengenai karya-karya seni. Dengan kata lain, mereka yang lolos akan memiliki tugas untuk melakukan kurasi berbagai karya seni yang ditentukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tahun ini, Kementerian Parekraf membuka formasi Analis Apreasiasi Karya Seni untuk umum sebanyak 4 orang yang akan ditempatkan di Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif.

Untuk bisa melamar posisi ini, pelamar adalah lulusan D-IV atau S-1 Penciptaan Seni.

Analis Ekonomi Kreatif

Adapun posisi ini ditawarkan oleh Kementerian Parekraf untuk mereka yang lulusan S-1 Akuntansi, S-1 Ekonomi Pembangunan, S-1 Manajemen,  D-IV Akuntansi, D-IV Manajemen, serta D-IV Ekonomi Pembangunan.

Tahun ini Kemenparekraf membuka kesempatan sebanyak 7 orang untuk menduduki formasi ini dan akan ditempatkan di Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Mengutip berbagai sumber, tugas pokok dari posisi ini adalah melakukan analisis serta penilaian mengenai sektor ekonomi kreatif dan kontribusinya terhadap ekonomi dan sosial masyarakat.

Baca juga: Revitalisasi Kawasan Kota Tua, Erick Thohir: Saatnya Kita Bangun Destinasi Turis Lokal

Analis Pariwisata

Dalam rekrutmen tahun ini, Kementerian Parekraf membuka kesempatan pada formasi ini untuk 11 orang.

Adapun kualifikasi pelamar yang dibutuhkan adalah lulusan S-1 Planologi, S-1 Teknik Lingkungan, S-1 Perencanaan Wilayah dan Kota, S-1 Teknik Industri, S-1 Teknik Sipil dan Perencanaan, S-1 Manajemen Pariwisata, S-1 Sastra Inggris, S-1 Hubungan Internasional, S-1 Sastra China, S-1 Pariwisata, D-IV Manajemen Pariwisata, D-IV Pariwisata, serta -DIV
Perhotelan,.

Adapun tugas pokok untuk formasi ini, sebagaimana mengutip dari berbagai sumber, adalah melakukan analisis terkait dengan pengembangan kawasan wisata dengan mengacu pada berbagai aspek, baik ekonomi, sosial, tata kota dan wilayah, hingga lingkungan.

Selengkapnya bisa dicek di website Kemenparekraf di sini.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.