Luhut Minta RS Lapangan Covid-19 Mulai Dibangun Pekan Ini

Kompas.com - 15/07/2021, 08:36 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat melakukan kunjungan ke Sofifi, Maluku Utara untuk meninjau pembangunan infrastruktur di kota tersebut, Selasa (22/6/2021). Dok. Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat melakukan kunjungan ke Sofifi, Maluku Utara untuk meninjau pembangunan infrastruktur di kota tersebut, Selasa (22/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan minta pembangunan Rumah Sakit (RS) Lapangan Darurat untuk Covid 19 di Jawa dan Bali bisa mulai dilakukan pekan ini.

Hal itu disampaikannya dalam rapat koordinasi dengan Menteri Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Rabu (14/7/2021) kemarin.

"Ada beberapa yang sudah siap dikerjakan. Jadi menurut saya jika bisa, pada minggu ini juga pembangunan RS lapangan ini telah dimulai,” ujar Luhut, seperti dikutip dalam keterangan resminya, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Soal Rumah Sakit Modular Covid-19, Erick Thohir: Insya Allah 1-2 Minggu Selesai

Dalam rapat tersebut, Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali itu memutuskan bahwa Kementerian PUPR akan fokus dalam pembangunan RS Lapangan Covid-19 yang ditunjuk, yakni gedung Kimia Farma (Padjajaran) dan asrama Universitas Telkom (Dayeuh Kolot).

“Jadi Kimia Farma dan Asrama Telkom ini koordinasi ke Kementerian PUPR. Kalau bisa segera tanggal 17 Juli-18 Juli mulai dikerjakan. Jadi kekuatan kita kerahkan semua itu,” ucap Luhut.

Menanggapi arahan itu, Basuki mengungkapkan, pihaknya siap mengerjakannya dengan kemungkinan RS Lapangan di gedung Kimia Farma yang lebih dahulu selesai, lantaran keadaan infrastruktur gedung dan ruangan dalam keadaan yang sudah memadai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Semuanya akan kita kerjakan dan koordinasikan,” ujar dia.

Baca juga: Menperin Gandeng Asosiasi Jaga Pasokan Oksigen Rumah Sakit

Ia menambahkan, terkait pembangunan RS Wisma Haji Pondok Gede Jakarta Timur yang diperuntukkan pasien Covid-19, juga kini sudah dapat digunakan sebagian karena pembangunan beberapa gedung yang telah rampung.

“Saat ini, gedung A, B, C, dan H telah selesai direnovasi, menyisakan gedung D5 yang masih dalam proses renovasi. Insya Allah dalam waktu dekat bisa segera rampung,” pungkas Basuki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.