Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freeport Indonesia dan Chiyoda Teken Kontrak Kerja Sama Bangun Smelter Mantar

Kompas.com - 15/07/2021, 18:09 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) bekerja sama dengan PT Chiyoda International Indonesia untuk kegiatan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi atau engineering, procurement, dan construction (EPC) proyek smelter Manyar milik Freeport.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Presiden Direktur PTFI Tony Wenas dan Direktur Chiyoda International Indonesia Naoto Tachibana pada Kamis (15/7/2021).

Kontrak tersebut mencakup pengerjaan proyek pembangunan smelter berkapasitas 1,7 juta ton konsentrat per tahun, serta fasilitas precious metal refinery (PMR) di kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur.

Baca juga: Bos Freeport Beberkan Perkembangan Restorasi di Lahan Bekas Tambang

“Penandatanganan kontrak ini menegaskan komitmen PTFI untuk membangun smelter, sesuai dengan kesepakatan divestasi tahun 2018," ujar Tony dalam keterangan tertulis, Kamis (15/7/2021).

Sebelumnya, penandatanganan kontrak kerja sama EPC ini sempat tertunda selama beberapa bulan akibat pandemi. Meski demikian, kata Tony, pengerjaan EPC di JIIPE terus berjalan.

Termasuk pula dalam hal pengadaan barang long lead item, stripping, dan penyiapan area laydown untuk peralatan dan material konstruksi.

Selain itu, persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pun tengah dilakukan di lapangan bagi para pekerja konstruksi. Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dan diproyeksikan akan membutuhkan sekitar 40.000 dosis.

Tony mengatakan, di tengah tantangan pandemi Covid-19 yang dialami Indonesia dan seluruh pihak yang terlibat dalam proyek smelter itu, perseroan terus melakukan penyesuaian agar pengerjaannya bisa berjalan dengan baik.

"Kami terus melakukan penyesuaian agar kami dapat tetap bekerja sambil tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan seluruh tenaga kerja serta masyarakat di sekitar area kerja,” katanya.

Sementara itu, Naoto Tachibana mengatakan, kerja sama keduanya menandai komitmen Chiyoda untuk turut berkontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia. Ia berharap pengalaman yang dimiliki Chiyoda dapat membantu mewujudkan tujuan optimalisasi hilirisasi nasional.

"Kami akan melakukan yang terbaik, memastikan proyek ini dapat kami selesaikan tepat waktu," ujar Naoto.

Baca juga: Pertimbangkan Bangun Smelter Freeport di Halmahera, Dirut MIND.ID: Lebih Murah...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com