Harga Minyak Dunia Terus Menguat, Haruskah BBM Disesuaikan?

Kompas.com - 16/07/2021, 13:34 WIB
Ilustrasi harga minyak Thinkstockphotos.comIlustrasi harga minyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia terus menguat sejak awal tahun ini. Ini membuat harga bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah negara mengalami kenaikkan.

Berdasarkan data Bloomberg, pada Jumat (16/7/2021) pukul 13.00 WIB, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) berada di level 71,48 dollar AS per barrel, sementara jenis Brent sebesar 73,3 dollar AS per barrel.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai, dengan posisi harga minyak mentah yang telah menembus level 70 dollar AS per barrel, pemerintah seharusnya sudah melakukan penyesuaian terhadap harga BBM PT Pertamina (Persero).

Baca juga: Pasok 60 Persen BBM di Jawa, Ini Profil Kilang Pertamina di Cilacap

Menurutnya, arus kas keuangan Pertamina akan mengalami tekanan apabila pemerintah tidak melakukan penyesuaian harga BBM.

“Pertamina mengalami kerugian yang cukup tinggi per liternya karena harga mereka ditahan oleh pemerintah,” katanya kepada Kompas.com, Jumat.

Sebagaimana diketahui, berbeda dengan badan usaha minyak dan gas lain, Pertamina baru bisa melakukan penyesuaian harga BBM setelah ada keputusan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya kira, jika pemerintah membiarkan Pertamina untuk tidak menyesuaikan harga BBM Non subsidi dan juga non penugasan maka keuangan Pertamina akan semakin berat,” tutur Mamit.

Baca juga: Ini Usulan Menteri ESDM untuk Subsidi BBM Tahun Depan

Selain itu, Mamit menambah, jika mengacu kepada aturan yang ada, yakni Keputusan Menteri ESDM Nomor 62.K/12/MEM/2020, harga BBM seharusnya sudah mengalami penyesuaian, seiring dengan meningkatnya harga minyak acuan Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.

“Jadi, untuk BBM seperti Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex maupun Dexlite harus ada penyesuaian,” ucap Mamit.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.