Dorong Digitalisasi, Teten Gandeng Shopee Gelar Live Shopping Produk UKM

Kompas.com - 16/07/2021, 18:10 WIB
Teten Masduki saat menjadi Keynote Speaker dalam acara Webinar Series IMA bertema Kebijakan Pemerintah untuk UKM, yang disampaikan secara daring, Senin (29/3/2021). DOKUMENTASI HUMAS KEMENKOP UKMTeten Masduki saat menjadi Keynote Speaker dalam acara Webinar Series IMA bertema Kebijakan Pemerintah untuk UKM, yang disampaikan secara daring, Senin (29/3/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com –  Untuk mempercepat digitalisasi UKM, Kemenkop UKM menggandeng e-commerce Shopee menggelar Live Shopping Produk UKM. Program ini juga diharapkan mampu mendorong geliat pada subsektor kuliner, fesyen, kriya, serta kesehatan dan kecantikan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, selain sebagai wadah atau ajang promosi produk UKM, program ini diharapkan dapat berkontribusi membina SDM dan membuka askes pasar. Menurut

Teten, digitalisasi menjadi salah satu prioritas Kemenkop agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional.

Baca juga: Teten Masduki: Izin Edar Produk Pangan Didominasi Pelaku Usaha Menengah dan Besar

“Upaya untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UKM dilakukan antara lain melalui peningkatan kapasitas SDM yang meliputi bimbingan teknis, pendampingan, peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM ini,“ jelas Teten melalui siaran pers, Jumat (16/7/2021).

Dalam Live Shopping Produk UKM yang akan dilaksanakan pada Rabu, 21 Juli 2021 mendatang, ada beberapa festival yang akan diselenggarakan, seperti Festival Adiwarna (Fesyen), Kolaborasa (Kuliner), Kirana (Kesehatan & Kecantikan).

Pelaku UKM yang akan berpartisipasi dalam program tersebut, akan mengikuti beberapa tahapan mulai dari tahapan kurasi, mengikuti bimbingan on board di Shopee, kemudian akan dipromosikan di landing page Shopee Pilih Lokal yang berlangsung mulai tanggal 5 Juli sampai 21 Juli 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Shopee terus berkomitmen untuk bahu membahu bersama KemenkopUKM Republik Indonesia, menyelenggarakan program – program untuk menumbuhkan bisnis digital, untuk mendorong onboarding UMKM.

“Ekosistem dan SDM digital dalam masyarakat harus terus dirangsang oleh program-program seperti ini untuk mengembangkan bisnis digital di Indonesia. Kami optimis, masa pandemi dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan perekonomian dengan UKM sebagai kuncinya,” ujar Handhika.

Baca juga: Kemenkop UKM Akan Optimalkan Lembaga Bantuan Hukum untuk UMKM



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.