Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Digitalisasi, Teten Gandeng Shopee Gelar Live Shopping Produk UKM

Kompas.com - 16/07/2021, 18:10 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com –  Untuk mempercepat digitalisasi UKM, Kemenkop UKM menggandeng e-commerce Shopee menggelar Live Shopping Produk UKM. Program ini juga diharapkan mampu mendorong geliat pada subsektor kuliner, fesyen, kriya, serta kesehatan dan kecantikan.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, selain sebagai wadah atau ajang promosi produk UKM, program ini diharapkan dapat berkontribusi membina SDM dan membuka askes pasar. Menurut

Teten, digitalisasi menjadi salah satu prioritas Kemenkop agar dapat berperan lebih strategis dalam perekonomian nasional.

Baca juga: Teten Masduki: Izin Edar Produk Pangan Didominasi Pelaku Usaha Menengah dan Besar

“Upaya untuk mendorong digitalisasi koperasi dan UKM dilakukan antara lain melalui peningkatan kapasitas SDM yang meliputi bimbingan teknis, pendampingan, peningkatan proses digitalisasi bisnis, serta perluasan akses pasar melalui on-boarding di marketplace dan bantuan pemasaran melalui program Live Shopping Produk UKM ini,“ jelas Teten melalui siaran pers, Jumat (16/7/2021).

Dalam Live Shopping Produk UKM yang akan dilaksanakan pada Rabu, 21 Juli 2021 mendatang, ada beberapa festival yang akan diselenggarakan, seperti Festival Adiwarna (Fesyen), Kolaborasa (Kuliner), Kirana (Kesehatan & Kecantikan).

Pelaku UKM yang akan berpartisipasi dalam program tersebut, akan mengikuti beberapa tahapan mulai dari tahapan kurasi, mengikuti bimbingan on board di Shopee, kemudian akan dipromosikan di landing page Shopee Pilih Lokal yang berlangsung mulai tanggal 5 Juli sampai 21 Juli 2021.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Shopee terus berkomitmen untuk bahu membahu bersama KemenkopUKM Republik Indonesia, menyelenggarakan program – program untuk menumbuhkan bisnis digital, untuk mendorong onboarding UMKM.

“Ekosistem dan SDM digital dalam masyarakat harus terus dirangsang oleh program-program seperti ini untuk mengembangkan bisnis digital di Indonesia. Kami optimis, masa pandemi dapat dijadikan momentum untuk membangkitkan perekonomian dengan UKM sebagai kuncinya,” ujar Handhika.

Baca juga: Kemenkop UKM Akan Optimalkan Lembaga Bantuan Hukum untuk UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com