KILAS

Kisah Sukses One Salad, dari CFD sampai Punya 10 Cabang di Makassar

Kompas.com - 16/07/2021, 20:30 WIB
Produk salad buah milik ?One Salad?. Hingga kini, bisnis milik Irwan Yusuf ini telah memiliki 10 gerai di Makassar. DOK. Humas ShopeePayProduk salad buah milik ?One Salad?. Hingga kini, bisnis milik Irwan Yusuf ini telah memiliki 10 gerai di Makassar.

KOMPAS.com – Mungkin tidak ada yang menyangka bahwa kegemaran Irwan Yusuf (34) menghadiri car free day (CFD) sejak tahun 2001 ternyata membantunya membuka peluang bisnis yang besar.

Saat itu, Irwan yang masih berprofesi sebagai ahli teknologi informasi (TI) merasa jenuh dengan rutinitas sehari-harinya. Ia kemudian memberanikan diri untuk memulai usaha bermodalkan gaji terakhir yang diterimanya sebagai karyawan.

Berbekal Rp 350.000, ia akhirnya membuka usaha salad buah yang diberi nama “One Salad”. Nama ini terinspirasi dari kata “Wan”, panggilan yang diberikan keluarga dan teman-teman dekatnya.

Sembari menikmati suasana CFD setiap Minggu di Pantai Losari, Irwan kemudian membagikan tester produk One Salad kepada para pengunjung.

Baca juga: Promo ShopeePay di 7.7 Juli Cashback Meriah, Begini Cara Mendapatkannya

“Awalnya saya membagikan tester ke pengunjung CFD. Sayangnya masih sepi peminat waktu itu. Akhirnya, saya bagikan ke tenant yang ada di kiri-kanan untuk dicoba,” kenang Irwan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selepas membagikan saladnya ke sejumlah tenant, ia pun mulai menggunakan motor untuk berkeliling menjajakan dagangannya.

“Ketika ada rezeki sedikit, saya beli mobil dan mulai berjualan di pinggir Pantai Losari. Sempat berkali-kali kena razia aparat,” cerita Irwan.

Meski demikian, Irwan tidak gentar. Ia pun akhirnya memindahkan lapaknya ke tempat lain. Lewat spanduk berisi lokasi One Salad, dirinya secara sabar dan telaten mengarahkan para pengguna jalan untuk mampir.

Baca juga: Gandeng SnackVideo, ShopeePay Permudah Gen Z Tuai Pendapatan dari Hobi

Panas dan hujan ternyata tidak menjadi soal buat Irwan. Ia selalu berpegang teguh pada pepatah “hasil tidak akan mengkhianati usaha” dalam menjalankan bisnisnya.

Berkat kegigihan dan kerja keras tiada henti, Irwan akhirnya berhasil membuka gerai One Salad pertama di Jalan Meipa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.