Kartu Elit Hanya untuk Kalangan Tertentu, Apa Itu Black Card?

Kompas.com - 17/07/2021, 08:22 WIB
 Ilustrasi kartu kredit. Black card populer sejak tahun 1999. Apa itu black card? Black card adalah jenis kartu kredit premium. (Dok. Shutterstock). Black card populer sejak tahun 1999. Apa itu black card? Black card adalah jenis kartu kredit premium. Ilustrasi kartu kredit. Black card populer sejak tahun 1999. Apa itu black card? Black card adalah jenis kartu kredit premium.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski keberadaannya sudah ada sejak lama, istilah black card mulai populer di Indonesia sejak viralnya beberapa unggahan video di media sosial TikTok. Black card sejatinya sudah diperkenalkan sejak tahun 1999. Lalu apa itu black card?

Dilansir dari Bankrate, black card adalah sejenis kartu kredit yang sangat eksklusif dan hanya diperuntukan untuk orang super kaya. Kartu ini tidak diterbitkan secara sembarangan dan hanya mereka yang diundang secara khusus untuk memilikinya.

Dengan kata lain, black card adalah kartu yang secara istimewa diterbitkan sebagai bentuk penghargaan. Hal inilah yang membedakan black card dengan kartu kredit premium lainnya di pasaran.

Penghargaan di sini bisa berarti imbalan atas keputusan finansial seperti komitmen menyimpan uang di bank penerbit atau keputusan investasi di lembaga keuangan.

Baca juga: Apa Itu Biaya Provisi pada KPR Bank?

Namun sebagaimana kartu kredit kelas premium lainnya, black card bisa digunakan untuk mengakses berbagai layanan premium seperti mendapatkan ruang tunggu atau lounge first class di bandara.

Fasilitas lainnya dari black card adalah akses bersantap di restoran mewah, diskon berbelanja, hingga bisa mengumpulkan poin lebih cepat dibanding pemegang kartu kredit premium lainnya.

Pengguna black card ini lazim ditemui di kalangan pengusaha papan atas dan eksekutif perusahaan di negara-negara maju. Ada beberapa jenis black card yang beredar di pasaran, namun black card milik American Express disebut-sebut sebagai black card termahal.

Kartu terbitan American Express ini banyak dimiliki miliader di Negeri Paman Sam. Kartu ini biasa disebut dengan Centurion Card.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Giro, Cek, dan Bilyet Giro

Kartu kredit black card lainnya yang cukup populer adalah Chase Sapphire Reserve dari JP Morgan. 

Bagaimana cara mendapatkan black card?

Sejauh ini, tak ada kriteria resmi bagaimana cara mendapatkan kartu kredit black card. Pihak bank juga tak pernah merilis informasi bagaimana cara mendapatkan fasilitas ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.