Selain Indonesia, Jepang juga Pulangkan Warganya dari Negara Asia Tenggara Lainnya

Kompas.com - 17/07/2021, 09:11 WIB
1 juta dosis vaksin Astra Zeneca bantuan dari Pemerintah Jepang untuk Indonesia dikirim dari Bandara Narita, Jepang, pada Kamis (1/7/2021). KBRI TOKYO1 juta dosis vaksin Astra Zeneca bantuan dari Pemerintah Jepang untuk Indonesia dikirim dari Bandara Narita, Jepang, pada Kamis (1/7/2021).

TOKYO, KOMPAS.com - Varian Delta yang menyebar di Indonesia membuat pemerintah Jepang bergegas memulangkan warganya ke negara asal.

Namun tak hanya dari Indonesia, pemerintah Negeri Sakura itu juga berupaya memulangkan warga dari negara-negara Asia Tenggara lain akibat varian baru Delta yang menyebar sangat cepat.

Mengutip Nikkei Asia, Sabtu (17/7/2021), Myanmar menjadi salah satu negara yang disoroti pemerintah Jepang.

Baca juga: Kesulitan Dapat Vaksinasi Covid-19, WN Jepang di Indonesia Kembali ke Negara Asalnya

Kedutaan Besar Jepang sudah mengirim email kepada warga Jepang di Myanmar untuk mendorong mereka kembali ke rumah atau negara asalnya, bila kehadiran mereka di negara itu tidak terlalu penting.

Pasalnya, kementerian kesehatan Myanmar telah melaporkan lebih dari 4.000 kasus baru per hari. Angka infeksi ini terlalu rendah karena adanya testing (pengujian) terbatas pada warga yang telah menunjukkan gejala Covid-19

Perawatan kesehatan di negara itu sudah tegang oleh kerusuhan setelah kudeta pada Februari lalu saat pandemi terjadi. Akhirnya banyak penduduk tidak punya pilihan selain merawat diri di rumah alih-alih mendapat perawatan dari RS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Malaysia, Kedutaan Besar Jepang menerima makin banyaknya pertanyaan dari penduduk Jepang mengenai pesawat charter. Mereka bertanya apakah pesawat tersebut juga akan tersedia di Malaysia, karena kasus harian Covid-19 mencapai 13.000 kasus.

Menurut kedutaan, banyak perusahaan tengah mempertimbangkan untuk mengirim pekerja ekspatriat dan keluarga mereka kembali ke Jepang.

Dampak dari pandemi juga diperparah oleh lockdown di Malaysia, yang sebagian besar telah menutup bisnis yang tidak penting.

"Bahkan industri yang dapat tetap beroperasi, banyak perusahaan yang tidak dapat mempertahankan pabriknya, karena pemasok suku cadang telah menutup pintu," tutur seorang eksekutif di sebuah perusahaan Jepang di Malaysia.

Adapun di Indonesia, sebagian warga Jepang sudah memesan kursi untuk penerbangan charter ke Jepang. All Nippon Airways bakal mulai melakukan penerbangan charter pada Rabu, kemudian diikuti Japan Airlines pada tanggal 25 Juli mendatang.

Baca juga: Beda Bank di Jepang dan RI: Bunga Pinjaman Sangat Rendah

Halaman:


Sumber nikkei
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.