Simak, Ini Jadwal Layanan Vaksinasi di Bandara Soekarno Hatta

Kompas.com - 17/07/2021, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Soekarno Hatta menyediakan layanan vaksinasi di terminal 3.

Layanan yang digelar oleh PT Angkasa Pura II ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapat akses vaksin sebagai salah satu syarat perjalanan selama masa PPKM Darurat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, layanan vaksinasi dapat mendukung percepatan distribusi vaksin nasional yang sedang digencarkan pemerintah.

Baca juga: Jokowi Cabut Vaksinasi Berbayar, Ini Komentar Kimia Farma

“Saya mengapresiasi AP II yang telah dengan baik memfasilitasi vaksinasi bagi para penumpang pesawat udara,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, Sabtu (17/7/2021).

Adapun, layanan vaksinasi terminal 3 Bandara Soetta beroperasi setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Tercatat, 31 bandara yang menyediakan layanan vaksinasi, dengan rincian 15 bandara yang dikelola Angkasa Pura I dan 16 bandara yang dikelola Angkasa Pura II.

Selain bandara, layanan vaksinasi juga tersedia di 10 Stasiun KA Jarak Jauh. Kemudian, PT Pelni menyediakan fasilitas vaksinasi di pelabuhan.

Ditjen Perhubungan Darat pun membuka layanan vaksinasi di 12 terminal tipe A di Provinsi Jawa dan Bali.

"Pemerintah bekerja sama dengan sejumlah pihak moda transportasi untuk menjadikan simpul-simpul transportasi seperti bandara, terminal, pelabuhan dan stasiun menjadi sentra vaksinasi," tutur Budi.

Lebih lanjut, pihaknya juga memastikan pergerakan angkutan kargo tetap lancar saat masa PPKM Darurat. Hal tersebut diungkapkan usai dia mengecek terminal kargo dan vaksinasi di Bandara Soekarno Hatta baru-baru ini.

Lancarnya angkutan logistik dapat menjaga ketersediaan logistik nasional, khususnya kebutuhan dasar dan penting bagi masyarakat.

Kelancaran angkutan kargo dapat mengurangi beban maskapai yang mengalami penurunan penumpang reguler saat PPKM Darurat berlaku sejak 3 Juli 2021.

“Alhamdulillah di tengah adanya pembatasan mobilitas masyarakat pada masa PPKM Darurat ini, layanan angkutan logistik tetap berjalan lancar,” pungkas Budi.

Baca juga: Kritik dari WHO yang Berunjung Dicabutnya Rencana Vaksinasi Covid-19 Berbayar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.