[POPULER DI KOMPASIANA] Vitamin D untuk Pasien Covid-19 | Waspada Membuang Bungkus Paket | Fenomena "Bediding" Musim Kemarau

Kompas.com - 17/07/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi vitamin untuk daya tahan tubuh ShutterstockIlustrasi vitamin untuk daya tahan tubuh

KOMPASIANA---Kini, jika ada yang mengalami gejala maupun terinfeksi positif covid-19 bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri cukup di rumah saja.

Hal ini dikarenakan, pasien tanpa gejala dan bergejala ringan bisa disembuhkan utamanya dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, mnurut rekomendasi Kementerian Kesehatan, penderita Covid-19 gejala ringan dan tanpa gejala perlu minum vitamin C, D, dan zinc, atau multivitamin (dengan komposisi vitamin C, D, E, zinc).

Selain itu, menjaga kualitas isolasi mandiri dengan benar-benar sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan sehingga membawa dampak baik bagi penderita dan orang-orang di sekitarnya.

1. Seberapa Penting Pengaruh Vitamin D3 terhadap Pasien Terpapar Covid-19?

Menghadapi pasien covid-19, tulis Kompasianer Lilik Fatimah, baik itu keluarga atau teman kita mesti tetap tenang.

Apalagi, sepanjang menemani dokter dalam menangani pasien --- baik yang OTG maupun yang sudah jelas-jelas terinfeksi Covid, Vitamin D3 5000 IU selalu menjadi rujukan resep beliau kepada pasien.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak ada manfaat lebih yang akan didapatkan dengan mengonsumsi Vitamin C dosis tinggi, malah pemberian dosis tinggi bisa menimbulkan berbagai efek samping.

Selain diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi, Vitamin D menjaga kestabilan kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Vitamin D, khususnya D3 juga bisa meredakan infeksi.

"Oh, ya. Kadar normal Vitamin D3 dalam tubuh berkisar antara 40-60 nanogram per mililiter. Defisiensi Vitamin D3 penderita Covid kategori berat berada di bawah rentang 15 nanogram per mililiter," tulisnya. (Baca selengkapnya)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.