E-COMMERCE

Perjalanan Toko Diantidb Go Online lewat Pendampingan BUMDes Betah Mandiri

Kompas.com - 18/07/2021, 12:46 WIB
Pendampingan BUMDes Betah Mandiri terhadap sejumlah UMKM, termasuk Toko Diantidb, tak lepas dari kolaborasi bersama Shopee. ShopeePendampingan BUMDes Betah Mandiri terhadap sejumlah UMKM, termasuk Toko Diantidb, tak lepas dari kolaborasi bersama Shopee.

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi kini merambah wilayah kabupaten dan pedesaan secara intensif. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan ponsel pintar atau smartphone yang kian merata di seluruh lapisan masyarakat, termasuk untuk keperluan transaksi jual-beli.

Pemanfaatan smartphone telah membuka peluang untuk memudahkan penyebaran informasi terhadap produk yang ditawarkan.

Selain itu, hal tersebut juga membuka peluang pasar yang menjangkau wilayah lebih luas. Apalagi, di tengah di situasi pandemi yang sudah berlangsung selama sekitar satu setengah tahun ini.

Peluang tersebut turut dimanfaatkan oleh Toko Diantidb di Desa Tanjungwangi, Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Untuk diketahui, Toko Diantidb merupakan salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Betah Mandiri.

BUMDes Betah Mandiri merupakan salah satu BUMDes yang menerima penghargaan Patriot Desa dari Gubernur Ridwan Kamil dalam acara peluncuran program UMKM Jabar Go Digital pada 2 Juni 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

(Baca juga: Kisah Sukses One Salad, dari CFD sampai Punya 10 Cabang di Makassar)

Sempat berfokus pada produk kosmetik, Toko Diantidb kini beralih ke produk makanan ringan. Perubahan model bisnis ini dilakukan karena toko tersebut berkomitmen untuk memproduksi produk secara mandiri.

Sebagai informasi, produk makanan ringan tersebut merupakan hasil produksi rumahan dari ibu-ibu di Desa Tanjungwangi yang dikumpulkan oleh Toko Diantidb.

Semula, produk tersebut dijajakan secara offline dengan berkeliling atau dititipkan ke warung-warung.

Produk makanan ringan Toko Diantidb Desa Tanjungwangi JabarShopee Produk makanan ringan Toko Diantidb Desa Tanjungwangi Jabar

Kemudian, BUMDes Betah Mandiri dan toko Diantidb menyadari bahwa perkembangan teknologi telah mengubah cara belanja masyarakat, termasuk ibu-ibu di pemukiman Desa Tanjungwangi, menjadi go online menggunakan aplikasi jual-beli online.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.