Mengenal Apa Itu Broker, Pengertian Hingga Jenis-jenisnya

Kompas.com - 18/07/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi: Pialang saham mengamati pergerakan pedagangan saham di Mandiri Sekuritas, Jakarta. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi: Pialang saham mengamati pergerakan pedagangan saham di Mandiri Sekuritas, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis dan investasi kerap didengar istilah broker. Broker sendiri biasanya sering juga disebut sebagai perantara.

Lantas, apa itu broker?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), broker adalah pedagang perantara yang menghubungkan pedagang satu dengan yang lain dalam hal jual beli atau antara penjual dan pembeli.

Baca juga: Apa Itu Bank Kustodian dalam Investasi Reksadana?

Di dunia pasar modal, broker biasa juga disebut dengan pialang. Pialang adalah seseorang atau perusahaan yang menjembatani investor dengan pasar modal.

Sementara itu, di dunia properti broker adalah profesional real estate yang berlisensi dan biasanya mewakili penjual properti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah mengetahui apa itu broker, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis profesi tersebut. Berikut jenis-jenis broker:

Jenis-jenis Broker

  • Retail Broker

Retail broker memiliki tugas untuk melayani individu kliennya. Broker jenis ini memperoleh komisi dari kliennya sesuai hasil penjualan atau pembelian yang dilakukan.

  • Full Service Broker

Broker ini memberikan semua layanan kepada klien atau investornya. Layanan tersebut meliputi analisis, informasi, transaksi dan memberikan pilihan terbaik dari beberapa produk yang dipilih klien atau investornya.

Baca juga: Apa Itu Sekuritas dalam Perdagangan Saham?

  • Discount Broker

Jenis broker ini hanya melakukan transaksi jual beli saham atas instruksi investor. Namun, mereka juga menawarkan saran dalam bentuk analisis maupun informasi terbaru terkait saham tersebut.

  • Deep Discout Broker

Jenis broker ini memiliki tugas yang paling sederhana. Broker ini hanya melakukan pembelian atau penjualan dan pengelolaan akun konsumennya.

Baca juga: Apa Itu Right Issue Saham? Kenali Untung Ruginya Bagi Investor

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.