Beda dengan CPNS, Syarat PPPK Tidak Perlu Akreditasi Pendidikan

Kompas.com - 19/07/2021, 09:07 WIB
Jadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2021, CPNS SMA, formasi CPNS SMA, formasi lulusan SMA CPNS 2021. KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoJadwal Seleksi CPNS dan PPPK 2021, CPNS SMA, formasi CPNS SMA, formasi lulusan SMA CPNS 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, pemerintah membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Seleksi PPPK sendiri ada dua, yakni PPPK Guru dan Non-Guru.

Untuk persyaratan CPNS dan PPPK tidak berbeda jauh. Namun, ada syarat yang memudahkan para pelamar PPPK, salah satunya adalah tidak menerapkan akreditasi pendidikan yang selama ini menjadi persyaratan wajib bagi seleksi CPNS.

Baca juga: PPKM Darurat, Kejaksaan Agung Permudah Syarat Administrasi CPNS 2021

Pada seleksi CPNS diwajibkan akreditasi A untuk jurusan maupun universitasnya.

"Di PPPK, persyaratan akreditasi itu tidak ada. Jadi, akreditasi hanya diberlakukan bagi CPNS saja," ujar tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CASN di Kementerian PANRB, Katanaya secara virtual, dikutip Senin (19/7/2021).

Sama seperti CPNS, di PPPK juga melakukan seleksi. Bedanya, kata dia, seleksi di PPPK ada tiga tahapan disertai wawancara sebagai tahap akhir seleksai dengan menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Seleksi di PPPK punya tiga tahapan, yang pertama seleksi administrasi. Kedua, bukan seleksi SKD dan SKB, tetapi namanya seleksi kompetisi yang terbagi jadi tiga, yaitu seleksi kompetisi teknis, seleksi kompetisi manajerial, dan seleksi sosial kultural. Kemudian, ada tes wawancara. Digunakan untuk menilai integritas dan moralitas," jelasnya.

Ia kembali memaparkan, terkait seleksi kompetisi teknis, materinya akan berkaitan dengan teknis jabatan yang dilamar. Untuk seleksi kompetisi manajerial, terdapat seleksi materi terkait dengan integritas, kerja sama, kemampuan komunikasi, pelayanan publik, orientasi pada hasil, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, serta pengambilan keputusan.

Baca juga: Pengumuman Daftar Instansi CPNS 2021 di link SSCASN, sscasn.bkn.go.id

"Sedangkan, untuk seleksi sosial kultural itu materinya terkait dengan kepekaan terhadap perbedaan budaya, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap konflik, pengendalian diri, dan juga empati. Semua ini menggunakan seleksi CAT BKN," ucap Katanaya.

Sebagai informasi, pendaftaran seleksi CASN dibuka sejak 30 Juni hingga 21 Juli 2021 serentak untuk CPNS, PPPK Guru, dan PPPK Non-Guru. Pendaftaran dilakukan pada portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/

Adapun jumlah pelamar yang mendaftar hingga 18 Juli, mencapai 3.052.591, dan yang telah mengklik tombol submit atau menyelesaikan pendaftaran sebanyak 1.908.625.

Baca juga: Pelamar CPNS dan PPPK 2021 Capai 3 Juta, Pendaftaran Ditutup 21 Juli

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X