Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Komunis: Definisi, Ciri, Sistem Ekonomi, dan Contoh Negara

Kompas.com - 19/07/2021, 09:34 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunis adalah istilah yang barangkali sudah tak asing lagi di telinga. Arti komunis sendiri seringkali dikaitkan dengan sosialisme. Lalu apa itu komunis?

Dikutip dari Investopedia, komunis adalah ideologi ekonomi dan politik yang menerapkan sistem tanpa kelas, di mana alat produksi dimiliki secara komunal yang diatur oleh negara.

Dalam arti komunis, kepemilikan alat produksi secara pribadi tidak ada atau sangat dibatasi. Dengan kata lain, negara komunis adalah negara yang menjalankan sistem komunal atau kepemilikan bersama dalam kepemilikan alat produksi.

Alat produksi di sini adalah seperti lahan pertanina, lahan perkebunan, mesin industri, hingga pengelolaan sumber daya alam.

Baca juga: Berapa Jumlah BUMN di China dan Mengapa Mereka Begitu Perkasa?

Komunisme juga adalah kondisi di mana harga barang, upah buruh, dan jumlah produksi diatur oleh negara.

Namun demikian saat ini, dari sisi ekonomi, bisa dikatakan tak ada negara yang benar-benar secara ketat menerapkan ekonomi komunis. Komunis kini lebih identik dengan ideologi.

Sejarah ideologi komunis modern dipopulerkan oleh Karl Marx dalam bukunya Manifesto Komunis. Tokoh komunis lainnya yakni Friedrich Engels, di mana keduanya menolak sistem masyarakat kelas.

Ide Manifesto Komunis berasal dari Revolusi Perancis. Di mana saat itu kaum bangsawan atau borjuis mengendalikan ekonomi dan alat-alat produksi.

Baca juga: Mao Zedong dan Pengalaman Kelam Penerapan Ekonomi Komunis China

Kaum atas diuntungkan dengan sistem feodal karena menguasai tanah pertanian yang luas, sementara rakyat bawah hanya menjadi petani penggarap yang dibebani biaya sewa dan pajak.

Revolusi Perancis menandai perlawanan rakyat petani dan buruh, kelompok ini kemudian disebut sebagai proletariat, angkat senjata melawan kaum kelas atas atau borjuis.

Dalam bukunya, Karl Marx mengidamkan negara yang ideal adalah negara tanpa kelas dan bisa diterapkan secara menyeluruh di seluruh dunia.

Tahap akhir dari tujuan komunis adalah keseimbangan sosial masyarakat hidup tanpa perbedaan kelas dan kepemilikan properti secara pribadi.

Baca juga: Mengenal Eigendom, Bukti Kepemilikan Tanah Warisan Belanda

Ide Karl Marx ini pula yang menginspirasi Lenin dan Stalin dalam perjuangan tanpa kelas di Rusia. Mereka menginisiasi Revolusi Bolshevic yang menggulingkan penguasa Kekaisaran Rusia atau Tsar.

Vladimir Ilich Lenin dan Josep Stalin kemudian mendirikan Uni Soviet. Uni Soviet adalah negara pertama yang menerapkan ide-ide komunis Karl Marx.

Komunis di China

Ide komunisme Karl Marx juga menginspirasi Mau Zedong dalam mendirikan Republik Rakyat China. Dalam program yang dinamakan Lompatan Jauh ke Depan, Mao menerapkan sistem tanpa kelas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com