Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno: Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Sektor Perekraf Baru 5 Persen

Kompas.com - 19/07/2021, 11:10 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan, hingga saat ini masyarakat di sektor parekraf yang menjalani vaksinasi Covid-19 masih di bawah 5 persen. Hal ini masih jauh dari target yang ditetapkan.

“Hingga saat ini masyarakat di sektor parekraf yang sudah divaksin masih di bawah 5 persen. Sedangkan target yang ingin dicapai adalah 90-95 persen dari 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor parekraf dapat divaksin,” kata Sandiaga saat meninjau Sentra Vaksinasi di DOM Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/7/2021).

Sandiaga mengungkapkan, melalui kick off sentra vaksinasi di 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dan 3 Badan Otorita (BO), diharapkan dapat mendukung target vaksinasi sebesar 3 juta orang per hari pada Oktober 2021 mendatang.

Baca juga: Sandiaga Uno: 145 Staf Kemenparekraf Terpapar Covid-19 Varian Delta

Adapun 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata yang membuka sentra vaksinasi antara lain STP Bandung, STP Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, Poltekpar Lombok, dan Poltekpar Makassar serta 3 Badan Otorita yakni Badan Otorita Danau Toba, Badan Otorita Borobudur, dan Badan Otorita Labuan Bajo.

“3 juta target vaksinasi per hari harus dikolaborasikan bersama para stakeholder agar pandemi Covid-19 dapat terkendali, serta membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja disektor parekraf. Untuk itu saat ini kami menjadikan kampus di 6 PTN Pariwisata dan 3 kantor Badan otoritas sebagai sentra vaksinasi,” kata dia.

Sejak bulan Februari 2021 Kemenparekraf telah memfasilitasi vaksinasi kepada lebih dari 32.641 orang melalui Fasilitasi Sentra Vaksin yang ditujukan bagi masyarakat umum maupun pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Vaksinasi ini bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi maupun Kab/Kota, Grab Indonesia, Traveloka, Homecare24, Alodokter, Loket serta Tiket.com yang dilaksanakan di Bali, Jakarta, Jogjakarta, Batam, dan Bintan.

Di awal semester ke-2 hingga akhir tahun 2021 ini, Kemenprekraf memfasilitasi sentra vaksinasi bertempat di Sesko AU bekerja sama dengan Danone Indonesia, Homecare24, PT. MNC, Doktora dan Traveloka.

“Hingga akhir bulan Agustus ini Kemenparekraf bersama-sama dengan 6 PTN Pariwisata dan 3 Badan Otorita dapat melakukan vaksinasi kepada 38.276 pelaku parekraf dan masyarakat umum. Program ini diharapakn dapat dilaksanakan hingga akhir tahun 2021 sebagai upaya mendukung target vaksinasi pemerintah pusat demi tercapainya herd immunity,” ujarnya.

Baca juga: Simak, Ini Jadwal Layanan Vaksinasi di Bandara Soekarno Hatta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com