Simak Tips Mengembangkan Karier di Tengah Pandemi

Kompas.com - 19/07/2021, 14:09 WIB
Ilustrasi gen Z dan milenial FREEPIKIlustrasi gen Z dan milenial

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah mendorong banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Hal itu terjadi karena banyak perusahaan Apalagi pemasukan berbagai sektor usaha terpangkas lantaran penerapan pembatasan operasional melalui penerapan PPKM Darurat.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tingkat pengangguran terbuka Indonesia naik dari angka 4,94 persen pada Februari 2020 menjadi 6,26 persen pada Februari 2021.

Dari data tersebut, tampak jelas bagaimana sulitnya mendapatkan pekerjaan di masa pandemi Covid-19.

Walau demikian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap mengembangkan karier di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: Sabar dan Disiplin, Kunci Sukses Wahyu Purnamasari Raih Karier Gemilang

Simak tips berikut dari platform pengembangan karier dan rekrutmen, Glints :

1. Mengikuti job fair virtual

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Job fair adalah suatu cara yang tak asing di telinga para pencari kerja. Melalui Job Fair, kamu bisa menemukan dan melamar banyak lowongan sekaligus. Namun, menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19, job fair tentunya dilakukan secara online atau virtual.

Melansir Forbes, job fair online punya beberapa kelebihan, salah satunya adalah menghemat uang dan waktu. Kamu tak perlu mengeluarkan biaya transpor untuk datang, dan waktu kamu juga tak habis di perjalanan menuju tempat job fair diadakan, selama memiliki koneksi internet.

2. Ikuti kelas pengembangan diri

Jika kamu ingin mengembangkan karier saat pandemic Covid-19, jangan berhenti sampai di pencarian lowongan saja, kamu juga harus mengikuti berbagai pelatihan untuk menghadapi persaingan kerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X