Kliring Berjangka Indonesia Bukukan Laba Rp 43,9 Miliar pada Semester I-2021

Kompas.com - 19/07/2021, 14:43 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) atau KBI membukukan laba sebesar Rp 43,9 miliar sepanjang semester I-2021. Kinerja itu tumbuh 40,6 persen dibandingkan periode yang sama di 2020 yang sebesar Rp 31,2 miliar.

Capaian itu sejalan dengan pendapatan operasional perseroan yang naik 6,27 persen menjadi sebesar Rp 77,4 miliar dari periode yang sama di 2020 yang sebesar Rp 72,8 miliar.

Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi mengatakan, kinerja positif tersebut merupakan hasil dari berbagai langkah strategis yang dilakukan di tengah masa pandemi Covid-19. Mulai dari upaya menjaga kinerja usaha seperti transformasi, serta digitalisasi bisnis.

"Selain itu, tekanan pendemi ini juga kami sikapi dengan berbagai langkah efisiensi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (19/7/2021).

Ia pun optimistis, tren positif sepanjang paruh pertama tahun ini akan berlanjut di semester II-2021. Perusahaan pelat merah ini menargetkan laba sepanjang 2021 bisa mencapai Rp 79,7 miliar, tumbuh 20 persen dari laba di 2020 yang sebesar Rp 66,4 miliar.

Baca juga: Restrukturisasi Utang Waskita Karya Capai Rp 19,3 Triliun

Fajar mengatakan, saat ini perseroan menjalankan berbagai inisiasi bisnis, salah satunya adalah peran KBI sebagai Lembaga Kliring Perdagangan Timah Dalam Negeri, yang sudah mulai berjalan beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada tahun ini, berbagai inisiasi bisnis baru juga tengah dalam persiapan, seperti peran KBI sebagai Lembaga Kliring Pasar Fisik Emas Digital serta Lembaga Kliring Berjangka di Perdagangan Aset Kripto," kata dia.

Adapun terkait PPKM Darurat yang saat ini tengah diberlakukan, kata Fajar, KBI juga menjalankan dengan melakukan WFH 100 persen bagi karyawan. Namun dengan otomasi yang telah dilakukan perseroan, kegiatan operasional tetap bisa berjalan untuk para pemangku kepentingan.

"Kegiatan kliring pun tetap berjalan seperti biasa, termasuk dalam proses registrasi resi gudang," ucap dia.

Baca juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK Diperpanjang Sampai 26 Juli, Pelamar Diingatkan Tak Terburu-buru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.