Gegara Tapping Box, Bakso Sony Tutup Semua Gerainya, Alat Apa Itu?

Kompas.com - 19/07/2021, 16:03 WIB
Tapping box restoran Screenshot laman SPTD Pemkot TangerangTapping box restoran

JAKARTA, KOMPAS.com - Usaha kuliner Bakso Sony atau yang juga dikenal dengan Son Haji Sony memutuskan untuk menutup seluruh gerainya di Kota Bandar Lampung.

Pemkot Lampung bahkan sampai menyegel gerai bakso karena polemik tersebut. Sementara pemilik bakso juga memasang pengumuman bahwa pihaknya tak akan lagi berjualan di kota itu.

Bakso Sony terbilang cukup legendaris di Ibu Kota Provinsi Lampung tersebut. Pemiliknya sudah merintis usaha bakso tersebut selama lebih dari 40 tahun. Jumlah gerainya pun sudah mencapai 18.

Ada dua alasan yang mendasari keputusan pemilik Bakso Sony memilih menutup seluruh cabangnya, pertama belum ada titik temu penyelesaian tunggakan pajak restoran yang diklaim Pemkot Bandar Lampung. Kedua, Bakso Sony disebut-sebut menolak memasang tapping box di gerai baksonya. 

Baca juga: Ini Jenis Pajak yang Membuat Bakso Sony Hengkang dari Bandar Lampung

Apa itu tapping box?

Tapping box adalah alat perekaman transaksi yang ada di kasir yang digunakan untuk merekam catatan pajak. Alat ini lazim dijumpai pada restoran yang menjadi wajib pajak daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bentuknya kotak hitam agak panjang menyerupai tape recorder. Alat perekam transaksi ini dipasang di hotel dan restoran, fungsinya untuk mencatat atau menangkap semua transaksi yang kemudian tercetak oleh printer point of Sales.

Tujuan pemasangan tapping box sendiri adalah untuk menghindari kebocoran pajak. Ini karena semua transaksi yang ada di kasir otomatis akan terhubung ke sistem server milik Pemda, biasanya Badan Pendapatan Daerah, Bapenda/BPKD.

Data yang masuk ke server Bapenda/BPKD ini bisa dijadikan pembanding dengan data transaksi penjualan yang dilaporkan wajib pajak.

Baca juga: Jadi Sumber Polemik Riau dan Sumbar, Apa Itu Pajak Air Permukaan?

Selain di rumah makan, tapping box juga biasa ditemui pada objek pajak daerah lainnya seperti hotel, tempat parkir, dan tempat-tempat hiburan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.