[TREN GAYA HIDUP KOMPASIANA] Rasa Cemas Berlebihan dan Turunnya Imunitas | Ketika Hati Butuh Ketenangan | Manfaat Menjadi Volunteer

Kompas.com - 19/07/2021, 19:19 WIB
Ilustrasi cemas dan takut KatarzynaBialasiewiczIlustrasi cemas dan takut

KOMPASIANA---Penyebaran wabah virus corona yang belum usai ini membuat banyak orang merasa cemas, dari yang takut karena terpapar hingga dampak yang dipengaruhi lainnya seperti masalah keuangan, kekurangan makanan, obat, dan kebutuhan lainnya.

Maka, menjaga dan mengelola stres jadi amat penting untuk kita saat ini agar tidak tambah buruk terutama efeknya bisa menurunkan kekebalan tubuh.

Apalagi jika sudah cemas dan terlalu memfokuskan diri pada kabar-kabar tertentu akan membuat kita terjebak dalam kecemasan tersebut itu sendiri dan sulit untuk menemukan solusinya.

Meski dalam kondisi serba ketidakpastian saat pandemi, paling tidak kita bisa coba mengadopsi praktik baru dan perilaku penghindaran lainnya.

1. Rasa Cemas Berlebihan dan Turunnya Imunitas Memudahkan Terinfeksi Covid-19

Dokter cum Kompasianer Andri menyadari bahwa mungkin belakangan ini mulai lelah secara mental karena begitu banyaknya berita terkait kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Jika demikian, tulisnya, maka kita mungkin menempatkan diri kita pada risiko yang tidak semestinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut karena kecemasan yang berkepanjangan atau kronis menekan sistem kekebalan dan meningkatkan risiko infeksi Covid-19 itu sendiri.

Dampak psikologis dari pandemi Covid-19 menyebabkan penderitaan yang luar biasa.

"Sering kali saya bertemu dengan pasien di rumah sakit yang bahkan sebelum duduk sibuk menyemprot ruangan saya dan tempat duduknya berulang kali," tulis Dokter Andri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.